Pemerintah Minta Petani Teh Kembangkan Teh Kualitas Premium

Jumat, 23 September 2022 | 16:15 WIB

Ilustrasi (Foto: Pixabay)

LINKUMKM -  Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki meminta para petani teh mengembangkan segmen pasar teh khusus. Dia juga meminta para petani bermitra dengan para eksportir teh.

Teten mengatakan, potensi pasar teh kualitas nomor satu atau “specialty tea” sangat besar karena teh telah menjadi bagian dari budaya Indonesia. Dari sisi produksi, teh di Indonesia sebanyak 40 persen merupakan perkebunan rakyat, 20 persen dari kelolaan swasta, dan 30 persen oleh PTP.

“Sekarang untuk pasar di dalam negeri teh masih impor. Kalau kita bisa geser konsumsi dengan produk dalam negeri yang sekarang sudah canggih seperti artisan ini yang ada 5 jenis teh ini pasti bagus. Ini bisa menjadi suatu prioritas kita untuk mendorong menjadi produk yang kita dukung pengembangannya,” kata dia.

Teten sangat menyarankan kepada para petani teh di Indonesia membentuk koperasi. Rencananya, kementerian yang dia pimpin juga punya akan membuat festival dan road map jangka panjang pengelolaan teh.

Teten juga meminta para petani meningkatkan pemahaman terhadpa merek teh berkualitas Indonesia.

Menurut dia, pengelolaan dan pengembangan teh di Indonesia harus berbeda dan inovatif.

Sebagai informasi, teh premium dengan kualitas terbaik punya harga jual dari Rp100 ribu hingga jutaan rupiah per kilogram.

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.137 seconds