Manfaatkan Katalog Bisnis di WhatsApp

Jumat, 30 September 2022 | 00:07 WIB

Ilustrasi WhatsApp (Foto: Pixabay)

LINKUMKM -  Facebook terus berbenah dan menampilkan fitur baru di beberapa aplikasi besutannya. Salah satunya, fitur katalog belanja di WhatsApp Bisnis.

Fitur baru ini dikenalkan pada Jumat, 8 November 2019. "Hari ini kami memperkenalkan katalog di aplikasi WhatsApp Bisnis untuk mempermudah penawaran produk dan bisnis," kata WhatsApp.

Fungsi utama fitur ini yaitu untuk menampilkan barang-barang dagangan agar konsumen yang ingin berbelanja dapat dengan mudah memilih produk yang ingin dibeli.

Sebelum ada fitur ini, proses tanya jawab produkberlangsung secara manual. Penjual mengirimkan foto dan penjelasan produk satu per satu ke calon pembeli.

Katalog produk di WhatsApp Bisnis mirip dengan katalog yang ditemui di platform e-commerce. Konsumen bisa melihat foto, harga barang hingga deskripsi dan kode produk melalui aplikasi.

Dengan fitur ini, diharapkan penjual dapat meningkatkan profesionalitas dan konsumen tetap berada di dalam obrolan, sehingga tidak perlu lagi mengunjungi situs.

Katalog WhatsApp dapat mencakup informasi seperti gambar produk, harga, deskripsi, dan kode produk. Perusahaan mengatakan akan meng-host katalog ini di server sendiri sehingga pedagang dan pelanggan tidak perlu membuang penyimpanan di perangkat mereka dengan bertukar gambar produk, dll.

Pedagang WhatsApp Business dapat membuat katalog dengan membuka Pengaturan> Katalog pada aplikasi.

Katalog di WhatsApp Bisnis untuk sementara baru tersedia di beberapa negara, yaitu Indonesia, Amerika Serikat, Brazil, Jerman, India, Meksiko dan Inggris Raya, baik untuk Android maupun iOS.

Untuk saat ini, belum ada pilihan untuk membeli barang-barang dari katalog ini untuk saat ini. Tetapi, melihat upaya WhatsApp mengeluarkan pembayaran digital, sistem itu mungkin akan dibenahi ke depannya.

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1348 seconds