Tips Bisnis Waralaba Bagi Pemula

Selasa, 28 Juni 2022 | 08:31 WIB

Ilustrasi usaha waralaba (pixabay)

LINK UMKM -  Ada dua pilihan ketika Anda akan memulai sebuah usaha. Membangun dan mengembangkan brand sendiri atau memilih bisnis waralaba yang merupakan jenis usaha bersama saling menguntungkan, dimana pemilik modal mengajukan kerja sama dengan pemilik waralaba.  

Tentu saja dua pilihan itu memiliki kelebihan dan kekurangan. Jika memilih yang pertama, Anda memulai usaha dari nol. Anda harus memikirkan dan menyiapkan segalanya mulai dari memilih produk yang akan dijual hingga membangun brand agar dikenal orang.

Sedangkan jika memilih bisnis waralaba, Anda sudah memiliki brand sehingga hanya tinggal mengembangkan saja. Kualitas produk sudah sesuai standar pemilik waralaba.

Bisnis waralaba dapat dimulai dengan modal kecil tergantung jenis usahanya. Usaha ini cocok untuk wirausaha pemula karena akan mendapatkan pelatihan saat menjalankannya.

Berikut tips sukses memulai usaha waralaba bagi pemula:

1. Pilih waralaba yang mudah dijalankan
Sebagai wirausaha pemula, Anda bisa memilih usaha waralaba yang mudah dijalankan. Pilih usaha waralaba yang tidak banyak menyita waktu, praktis dan mudah dijalankan.

2. Pilih waralaba berkualitas 
Harga memegang peranan penting dalam sebuah bisnis. Namun harga terjangkau saja tidak cukup tetapi harus dibarengi dngan kualitas yang baik.

Produk berkualitas baik dengan harga relatif terjangkau akan menjadi buruan konsumen. Karena itu, Anda harus memilih usaha waralaba yang harga produknya berkualitas dengan harga terjangkau semua kalangan.

3. Pilih waralaba yang dicari konsumen
Salah satu produk waralaba yang banyak dicari konsumen adalah kuliner. Hampir di semua tempat bertebaran waralaba kuliner. Anda perlu melakukan survei untuk mengetahui usaha waralaba kuliner apa banyak dicari konsumen dengan mengamati beberapa yang sudah ada.

4. Pilih waralaba dengan pelayanan terbaik
Memilih usaha waralaba berarti bergabung dengan brand yang sudah ada. Pilih usaha waralaba yang memberikan pelayanan terbaik kepada Anda, misalnya garansi kualitas produk, memberikan informasi lengkap, pelatihan dan lain-lain.

5. Pilih waralaba dekat dengan tempat tinggal Anda
Usaha waralaba memiliki banyak jaringan. Sebagai wirausaha pemula sebaiknya bergabung dengan usaha waralaba yang ada di sekitar tempat tinggal Anda, paling tidak masih satu kota. Ini untuk memudahkan Anda jika sewaktu-waktu ingin mendapatkan informasi tenkait usaha tersebut.

Sama seperti usaha konvensional, memulai usaha waralaba juga membutuhkan kesiapan fisik dan mental. Perlu perencanaan matang sebelum memulainya. Semoga bermanfaat!

Komentar (1)

  • Lina astuti

    28 Mei 2018 | 08:49:00 WIB

    Terima kasih infonya

    5 tahun lalu

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1298 seconds