Strategi Kelompok Tenun Sembalun untuk Memperluas Bisnis dengan Diversifikasi Produk

Selasa, 22 Oktober 2024 | 13:00 WIB

Strategi Kelompok Tenun Sembalun untuk Memperluas Bisnis dengan Diversifikasi Produk

LINK UMKM - Kelompok tenun di Desa Sembalun, Nusa Tenggara Barat, menyadari pentingnya diversifikasi produk untuk memperluas bisnis mereka. Upaya ini menjadi salah satu strategi yang diterapkan oleh kelompok tersebut untuk meningkatkan daya saing dan menarik lebih banyak pelanggan.

Pengabdian Masyarakat dari Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) turut mendampingi kelompok tenun di Sembalun dalam memahami konsep diversifikasi produk. Tim pengabdi yang dipimpin oleh Agung Nugroho melakukan serangkaian kegiatan untuk memberikan pengetahuan praktis kepada pengrajin tenun setempat.

Agung menjelaskan bahwa salah satu kelompok pengrajin tenun yang terlibat, yakni Sangkabira, mendapatkan pengetahuan baru mengenai pentingnya diversifikasi produk dalam kerajinan tenun. Program tersebut mencakup pelatihan menjahit dasar, di mana peserta dapat langsung mempraktikkan teknik menjahit di lokasi dengan bimbingan dari narasumber ahli penjahit.

Dalam pelatihan tersebut, Agung menghadirkan seorang ahli penjahit untuk menjelaskan proses menjahit bagi pemula. Ahli tersebut memberikan demonstrasi langsung mengenai cara membuat desain sederhana, memotong pola dasar, serta mengoperasikan mesin jahit portabel.

Melalui pelatihan ini, Agung berharap bahwa kelompok tenun Sangkabira dapat memahami dan menyadari betapa pentingnya diversifikasi produk dalam suatu proses bisnis. Ia menjelaskan bahwa diversifikasi produk adalah strategi yang digunakan untuk mengembangkan produk baru atau memperluas lini produk yang sudah ada. Dalam konteks industri kain tenun, diharapkan bahwa mereka tidak hanya menjual kain tenun, tetapi juga dapat memproduksi berbagai produk turunan lainnya, seperti topi, tas, atau bahkan pakaian jadi.

Kegiatan tersebut ditutup dengan hasil produk menjahit yang telah diselesaikan oleh beberapa peserta, berupa topi dan tas. Agung menambahkan bahwa melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini, FEB UI ingin menunjukkan kepedulian mereka terhadap masyarakat dan memperkuat implementasi ilmu pengetahuan kepada khalayak umum.

***

IN/NS

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1427 seconds