Inovasi Teknologi untuk Memberdayakan UMKM di Indonesia

Selasa, 22 Oktober 2024 | 08:00 WIB

Inovasi Teknologi untuk Memberdayakan UMKM di Indonesia

LINK UMKM - Dalam upaya meningkatkan operasional bisnis, ISeller, sebuah platform omnichannel, meluncurkan iSeller AI, asisten cerdas yang dirancang untuk memberikan wawasan mendalam, otomatisasi, dan rekomendasi yang dipersonalisasi. iSeller AI, yang dikembangkan melalui kolaborasi dengan Microsoft, berfungsi sebagai asisten bisnis berbasis AI untuk industri SaaS, dengan tujuan membantu bisnis beroperasi dengan lebih cerdas, cepat, dan efisien.

CEO iSeller, Jimmy Petrus, mengungkapkan bahwa iSeller AI ditujukan untuk memberdayakan 60 juta UMKM di Indonesia. Asisten ini memberikan wawasan real-time, analitik komprehensif, dan otomatisasi yang dibutuhkan oleh pemilik usaha. Dirancang untuk beroperasi sebagai asisten cerdas 24/7, iSeller AI mendukung pemilik bisnis dalam mengoptimalkan operasional, mengambil keputusan berbasis data, dan menghadapi tantangan bisnis yang semakin kompleks.

Jimmy menyatakan bahwa visi perusahaan adalah untuk memberdayakan pengusaha Indonesia dalam mengembangkan bisnis mereka tanpa batas. Ia menjelaskan bahwa melalui iSeller AI, mereka melanjutkan misi tersebut dengan menyediakan solusi yang memanfaatkan teknologi AI terkini dan integrasi konteks mendalam untuk membantu pemilik bisnis dalam pengambilan keputusan yang lebih baik dan cepat.

Ia juga menambahkan bahwa mereka sangat antusias memperkenalkan asisten AI ini, yang dibangun dengan dukungan Microsoft, untuk meningkatkan produktivitas dan kapabilitas UMKM di Indonesia. Berbeda dengan teknologi lain, iSeller AI memiliki kemampuan untuk memproses pertanyaan bisnis yang kompleks dan menawarkan wawasan kontekstual yang relevan, memberikan pengalaman yang mulus dan berpusat pada pengguna, didukung oleh teknologi Microsoft Azure dan Azure OpenAI.

Jimmy menjelaskan bahwa dengan menggunakan kombinasi model AI generatif terbaru dan integrasi konteks yang canggih, iSeller AI mampu meningkatkan kemampuan sistem dalam memberikan wawasan yang relevan dan akurat, memberdayakan pemilik bisnis dengan informasi yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan strategis.

Andrew Boyd, General Manager Digital Natives & Startups Microsoft Asia, mengungkapkan dukungannya terhadap transformasi iSeller AI. Ia percaya bahwa teknologi ini akan memungkinkan jutaan UMKM merasakan manfaat AI, meningkatkan produktivitas, mempercepat inovasi, dan menciptakan nilai bisnis baru.

Fina Mariana Soetarto, Product Manager iSeller AI, menjelaskan bahwa platform AI ini berfungsi sebagai asisten digital yang menangani berbagai tugas, mulai dari otomatisasi pekerjaan rutin seperti pembuatan laporan, visualisasi grafik, hingga analitik prediktif yang dapat mengubah strategi bisnis.

Fina menambahkan bahwa dengan semakin meningkatnya orientasi teknologi dalam bisnis di Indonesia, peluncuran iSeller AI menjadi tonggak penting dalam transformasi digital sektor UMKM di Indonesia.

***

IN/NS

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1603 seconds