Program Binaan Meningkatkan Kesejahteraan UMKM Melalui Program CSR

Jumat, 11 Oktober 2024 | 08:00 WIB

Program Binaan Meningkatkan Kesejahteraan UMKM Melalui Program CSR

LINK UMKM -  PT Mandiri Utama Finance (MUF), yang merupakan anak perusahaan dari PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan bergerak dalam bidang pembiayaan, telah meresmikan program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dikenal dengan nama MUF Soul Warteg Binaan. Salah satu lokasi peluncuran program ini adalah Warteg Pak Dodi yang terletak di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Program MUF Soul Warteg Binaan diluncurkan secara serentak di empat lokasi, termasuk Kabupaten Bogor, Surabaya, Rembang, dan Bekasi. Corporate Secretary & Legal Division Head MUF, Elisabeth Lidya Sirait, menjelaskan bahwa program ini sejalan dengan fokus Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan anak usaha BUMN dalam pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Dengan demikian, MUF berkontribusi melalui program CSR tersebut.

Elisabeth menambahkan bahwa tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan usaha warteg rumahan yang sesuai dengan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs). Ia menjelaskan bahwa program ini merupakan implementasi dari SDGs yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya kelompok masyarakat yang rentan.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Wilayah Mandiri Utama Finance Jabodetabek I, Affan Barieda, mengungkapkan bahwa perusahaan terus berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan UMKM sebagai tulang punggung kebangkitan ekonomi nasional. Affan berharap program ini dapat memberikan dukungan kepada UMKM di Cibinong, Kabupaten Bogor, serta membantu masyarakat yang membutuhkan melalui subsidi makanan.

Affan juga menjelaskan bahwa dengan bantuan CSR berupa subsidi, diharapkan warteg yang menjadi mitra MUF dapat meningkatkan keuntungan mereka. Ia memprediksi bahwa penambahan penjualan dapat mencapai 50 porsi per hari, meningkat dari sebelumnya yang hanya berkisar antara 20 hingga 30 porsi per hari.

Program MUF Soul Warteg Binaan menyasar warteg non-franchise yang dimiliki secara mandiri. Program ini memberikan subsidi kepada kaum dhuafa, termasuk tukang ojek, pemulung, pedagang kecil, pengemis, tukang becak, dan yatim piatu. Dalam pelaksanaannya, MUF bekerja sama dengan masjid, gereja, serta komunitas di sekitar lingkungan warteg binaan.

Melalui program ini, MUF berharap dapat berkontribusi dalam mengurangi angka kemiskinan dengan menyediakan makanan bersubsidi bagi kaum dhuafa, serta meningkatkan kesejahteraan usaha warteg rumahan. Pemilik Warteg Pak Dodi mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Mandiri Utama Finance atas program tersebut. Ia merasa bahwa program ini sangat membantu pelaku UMKM seperti dirinya. Dengan penambahan penjualan sebesar 50 porsi per hari, ia berharap usahanya dapat berkembang dan memberikan penghidupan yang lebih sejahtera.

***

MIN/AHS

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1524 seconds