Webinar Eksklusif SMEstaTalks: Strategi Jitu UMKM Menembus Pasar Global Lewat Kolaborasi Gerakan Nasional BBI dan BBW di Maluku Utara 2024

Selasa, 1 Oktober 2024 | 08:00 WIB

Strategi Jitu UMKM Menembus Pasar Global Lewat Kolaborasi Gerakan Nasional BBI BBW

LINK UMKM - Jakarta, 24 September 2024 – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menyelenggarakan Pelatihan Ekslusif Perdana bagi Nasabah BRI yang dikemas dalam Webinar SMEs Loyalty Talks SMEstaTalks Episode 3 yang kali ini mengusung tema Menembus Pasar Persaingan Lokal: Cara Jitu Kembangkan Usaha dengan Banyaknya Kompetitor. Yang berhasil menarik perhatian 500++  Nasabah BRI di seluruh Indonesia. Webinar ini sebagai bentuk komitmen BRI dalam mendampingi dan meningkatkan literasi maupun inklusi, terutama bagi Nasabah BRI pada Segmen Kecil dan Menengah. Webinar ini merupakan bagian dari kolaborasi strategis antara Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBW). Tujuannya adalah untuk mendorong pertumbuhan sektor UMKM di daerah, terutama di tengah persaingan yang semakin ketat di pasar lokal dan global.

Opening Speech

Silvy Augustia, AVP Business Strategy and Product Development BRI, Membahas:

Peran BRI dalam mendukung UMKM dengan menyediakan berbagai program pembiayaan yang dirancang khusus untuk membantu usaha kecil dan menengah beradaptasi dan tumbuh di pasar lokal. Program-program ini meliputi pelatihan bisnis, akses ke platform digital, dan pendanaan berbunga rendah untuk membantu UMKM menghadapi tantangan di era persaingan modern.

Keynote Speech

Muhammad Asnawi Sabli, S.Ag., M.Si., Direktur Promosi dan Pemasaran Produk Unggulan Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Membahas:

Pentingnya membangun daya saing lokal melalui kolaborasi aktif antara UMKM, komunitas, dan pemerintah daerah. Menurut Asnawi, kunci utama dalam mengembangkan usaha di tengah banyaknya kompetitor adalah dengan memanfaatkan keunikan produk lokal dan menjadikannya sebagai daya tarik utama. Ia juga menyoroti strategi promosi produk unggulan daerah, khususnya bagaimana UMKM dapat memperluas jangkauannya ke pasar regional hingga internasional.

Narasumber

Bapak Muhammad Yusuf Amin, Senior Manager Strategy Product Development BRI, Membahas:

Pembiayaan usaha kecil dan menengah melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang disediakan oleh BRI. Menurut beliau, KUR adalah salah satu solusi strategis untuk membantu UMKM dalam mendapatkan akses modal yang lebih mudah, sehingga mereka bisa mengembangkan usaha dan bersaing di pasar lokal maupun global. Beliau mengatakan, “Kami di BRI sangat memahami tantangan yang dihadapi UMKM dalam mengembangkan bisnis mereka, terutama dalam hal pendanaan. Melalui program KUR, BRI menyediakan akses pembiayaan dengan bunga rendah yang dirancang khusus untuk membantu UMKM memperluas pasar dan meningkatkan kapasitas produksi mereka”. KUR BRI telah terbukti efektif dalam mendorong pertumbuhan UMKM di berbagai wilayah Indonesia. Selain memberikan akses pembiayaan, BRI juga menyediakan dukungan berupa pelatihan dan konsultasi bisnis agar para pelaku UMKM dapat memanfaatkan modal yang didapat secara optimal.

Narasumber

Andanu Prasetyo, CEO of Maka Group dan Founder Toko Kopi Tuku, Membahas:

Keberhasilan membangun bisnis berbasis identitas lokal, memberikan pandangan bagaimana menjaga keunikan produk sekaligus terus berinovasi untuk tetap relevan di tengah persaingan yang ketat. Pentingnya manajemen keuangan yang baik dalam bisnis, seperti pemisahan aset pribadi dan perusahaan, serta pengelolaan arus kas, sangat membantu dalam pengambilan keputusan yang tepat dan pertanggungjawaban keuangan. Beliau juga mengatakan, “Kunci sukses Tuku Coffee adalah tetap berpegang pada budaya lokal, namun tidak takut untuk bereksperimen dan berinovasi. Pelanggan selalu mencari sesuatu yang baru, tapi mereka juga menginginkan sesuatu yang otentik.”

UMKM Sharing

Nenden Rospiani, CEO dari Restu Mande, Membahas:

Restu Mande adalah brand masakan Padang instan yang menggunakan 27 rempah pilihan dan bertujuan menduniakan citarasa Indonesia melalui kuliner Sumatera Barat. Brand ini berkolaborasi dengan petani lokal, komunitas, pemerintah, dan mempekerjakan ibu-ibu desa. Pengembangan Usaha Restu Mande didukung penuh  oleh Kredit Usaha Rakyat BRI (KUR BRI) yang tidak hanya membantu peningkatan produksi, tetapi juga membawa produknya ke kancah internasional, salah satunya Pameran Trade Mission Singapore 2023 sebagai UMKM binaan BRI.

Beliau mengatakan, “Kolaborasi dengan komunitas lokal dan partisipasi dalam pameran internasional menjadi pintu utama bagi kami untuk menembus pasar global. Ini semua bisa dicapai asalkan ada konsistensi dan kemauan untuk terus berkembang”. Selain kisah sukses, Nenden juga memberikan tips praktis kepada peserta tentang bagaimana menghadapi tantangan dalam mengembangkan bisnis, seperti menjaga kualitas produk, mengikuti tren pasar, dan selalu terbuka terhadap inovasi.

******

Informasi lebih lanjut silahkan menghubungi :

Fitri Damayanti +62 85888438160

[email protected]

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, www.bri.co.id

Gedung BRI Jl. Jendral Sudirman Kav. 44-46 Jakarta 10210

Indonesia

 

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1629 seconds