Dukungan Pelatihan Membangun Branding yang Kuat untuk UMKM di Kalimantan Selatan

Minggu, 22 September 2024 | 08:00 WIB

Dukungan Pelatihan Membangun Branding yang Kuat untuk UMKM di Kalimantan Selatan

LINK UMKM - PT Arutmin Indonesia, anak usaha Bumi Resources (BUMI), berkomitmen untuk mendukung perkembangan UMKM di Indonesia, terutama di Kecamatan Satui, Kalimantan Selatan, dengan menyelenggarakan pelatihan bertajuk “Kelas UMKM” yang berfokus pada strategi branding produk. 

Cipto Prayitno, Mine Manager Satui, menyatakan bahwa pelatihan tersebut dihadiri oleh pelaku UMKM setempat dan melibatkan narasumber dari Universitas Muhammadiyah Malang. Cipto menjelaskan bahwa PT Arutmin Indonesia Tambang Satui berupaya membantu pelaku UMKM melalui pelatihan yang mencakup pengetahuan tentang pembuatan kemasan produk yang menarik dan tempat penjualan yang dapat diakses oleh semua orang melalui Galeri UMKM Satui.

Galeri UMKM Satui, menurut Cipto, menyediakan berbagai produk lokal yang dibuat oleh masyarakat setempat, termasuk oleh-oleh khas Satui seperti makanan ringan, susu, telur ayam, dan kerajinan Sasirangan. Ia menambahkan bahwa Arutmin memiliki komitmen untuk berkontribusi pada peningkatan perekonomian masyarakat di sekitar tambang dengan menciptakan lingkungan yang kondusif dan memenuhi standar kualitas hidup.

Pelatihan ini tidak hanya membahas cara memasarkan produk, tetapi juga membantu pelaku UMKM untuk memiliki identitas melalui produk yang mereka hasilkan serta memanfaatkan e-commerce untuk memperluas pemasaran. Beberapa materi yang diajarkan dalam pelatihan meliputi teknik menciptakan identitas brand yang kuat, diferensiasi produk, pembuatan kemasan yang efektif, menjalin hubungan dengan konsumen, serta strategi distribusi dan kampanye pemasaran.

Cipto menekankan pentingnya kemampuan beradaptasi dan berinovasi dengan melibatkan komunitas. Peningkatan kualitas hidup masyarakat di sekitar tambang menjadi salah satu komitmen utama PT Arutmin Indonesia dalam menjaga keberlanjutan, yang dilakukan melalui berbagai Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM). Program ini bertujuan untuk memperkuat kerja sama antara pemerintah, karyawan, dan masyarakat lokal guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

***

IN/NS

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1369 seconds