Peluang Ekspor bagi UMKM: NCS Hadir dengan Layanan Pengiriman Internasional yang Kompetitif

Sabtu, 21 September 2024 | 08:00 WIB

Peluang Ekspor bagi UMKM: NCS Hadir dengan Layanan Pengiriman Internasional yang Kompetitif

LINK UMKM - Kondisi pasar global yang semakin terbuka memberikan peluang besar bagi pelaku bisnis logistik. Reni Sitawati Siregar, Direktur Utama PT Nusantara Card Semesta (NCS), menyatakan bahwa hambatan geografis yang selama ini menjadi tantangan bagi pelaku usaha dapat diatasi dengan memilih mitra terpercaya yang dapat diandalkan.

NCS berkomitmen untuk memanfaatkan peluang ini bersama para pelaku bisnis di Indonesia. Saat ini, pemerintah juga sedang mendorong peningkatan aktivitas ekspor dari pelaku UMKM, yang merupakan tulang punggung ekonomi nasional. Kontribusi UMKM terhadap ekspor masih tergolong rendah, dengan data Kementerian Koperasi dan UKM menunjukkan bahwa kontribusi mereka terhadap ekspor nasional hanya sebesar 15,7% pada tahun 2023, dengan target mencapai 17% di tahun ini.

Reni menjelaskan bahwa NCS ingin berperan penting dalam penyediaan layanan pengiriman internasional yang kompetitif. Dia menambahkan bahwa ongkos kirim merupakan masalah klasik yang sering dihadapi dalam pengiriman internasional. Mahalnya biaya ongkir tidak hanya dirasakan oleh pengirim perorangan, tetapi juga oleh pelaku UMKM, karena terkadang biaya kirim bisa lebih tinggi dari harga barang itu sendiri.

Dalam rangka merayakan HUT RI dan sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan, NCS menawarkan penawaran menarik untuk pengiriman barang ke tiga negara di Asia, yaitu Tiongkok, Hong Kong, dan Taiwan, dengan Diskon Ongkir hingga 45%. Reni menjelaskan bahwa pelanggan, khususnya dari sektor ritel, dapat dengan mudah mengirim barang ke negara-negara tersebut dengan harga mulai dari 114 ribu per kg, dan promo ini berlaku hingga 31 Desember 2024 untuk pelanggan perorangan dan UMKM.

Pemilihan Tiongkok, Hong Kong, dan Taiwan sebagai tujuan pengiriman didasarkan pada beberapa pertimbangan. Data BPS per Juni 2024 menunjukkan bahwa Tiongkok merupakan salah satu dari tiga negara tujuan ekspor nonmigas terbesar bagi Indonesia, bersama Amerika Serikat dan India. Sementara itu, data BP2MI untuk periode Juli 2024 menunjukkan bahwa Hong Kong dan Taiwan adalah dua negara dengan penempatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) terbesar, dengan lebih dari 15 ribu orang, atau sekitar 70% dari seluruh penempatan.

Reni berharap bahwa pangsa pasar yang besar ini dapat menjadi salah satu penggerak produktivitas ekspor Indonesia. Ia juga menegaskan kebanggaannya karena NCS dapat berkontribusi secara nyata dalam mengembangkan UMKM hingga mencapai pasar global. Sebagai bagian dari komitmen NCS untuk memberikan solusi inovatif, mereka tetap melayani pelanggan yang ingin melakukan pengiriman barang ke berbagai belahan dunia lainnya.

***

IN/NS

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1679 seconds