Dekorasi Alam UMKM Kreatif Tampilkan Inovasi Dekorasi Alam dalam Kriyanusa 2024

Rabu, 18 September 2024 | 13:00 WIB

Dekorasi Alam UMKM Kreatif Tampilkan Inovasi Dekorasi Alam dalam Kriyanusa 2024

LINK UMKM - Salah satu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang terdaftar di Rumah BUMN PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, MINIMIZU, dilaporkan ikut berpartisipasi dalam pameran Kriyanusa. Pameran kerajinan dan seni kriya ini berlangsung pada tanggal 28 Agustus – 1 September 2024 di Jakarta Convention Center (JCC). MINIMIZU, yang dikenal dengan produk dekorasi alamnya, turut memperkenalkan keunikan produknya dalam acara tersebut.

MINIMIZU, yang berbasis di Ciputat Tangerang Selatan, didirikan oleh pasangan suami istri Agri dan Irna. Dalam wawancaranya selama pameran, Irna mengungkapkan bahwa MINIMIZU mulai beroperasi pada tahun 2020, berawal dari hobi suaminya. Produk-produk MINIMIZU fokus pada dekorasi alami untuk rumah, mencakup aquascape, paludarium, terrarium, dan moss art. UMKM ini menawarkan produk yang dirancang secara khusus sesuai dengan permintaan pelanggan, baik dalam bentuk model maupun desain.

Penjualan produk MINIMIZU dilakukan secara offline dan online dengan sistem pre-order. Waktu pengerjaan produk bervariasi antara 5 hari hingga empat minggu, tergantung pada volume dan tingkat kerumitan. Selain itu, pasangan tersebut mempekerjakan empat karyawan di rumah mereka untuk mendukung proses produksi. Salah satu produk yang paling unik adalah paludarium, yang merupakan kombinasi antara elemen air dan darat, menampilkan hiasan setengah air dengan tanaman darat di bagian atasnya.

Irna juga menjelaskan bahwa MINIMIZU bergabung dengan Rumah BUMN BRI melalui program inkubator bisnis BRInkubator. Program ini dirancang untuk membantu UMKM meningkatkan kapasitas usaha mereka. Setelah mendaftar dan mengikuti program tersebut tahun lalu, MINIMIZU berhasil meraih juara pertama di BRInkubator. Selama masa inkubasi satu bulan, UMKM ini menerima pelatihan dan serangkaian tes. Keikutsertaan dalam program tersebut membantu MINIMIZU mendapatkan eksposur yang lebih luas, berkat dukungan promosi dari BRI. Hal ini berdampak positif pada omzet mereka, yang mencapai puluhan juta dalam satu bulan.

Dengan bergabung di Rumah BUMN BRI, produk MINIMIZU menjadi lebih dikenal di masyarakat, dan beberapa instansi mulai menghubungi mereka untuk kebutuhan dekorasi kantor atau suvenir. Selain itu, MINIMIZU juga berhasil menembus pasar internasional dengan ekspor ke Jepang dan Italia. Irna berharap, dengan bergabung di Rumah BUMN BRI, mereka akan terus mendapatkan lebih banyak orderan dan proyek kolaborasi di masa depan.

Terkait partisipasi MINIMIZU dalam Kriyanusa 2024, Wakil Direktur Utama Catur Budi Harto menyatakan bahwa keterlibatan dalam acara tersebut adalah manifestasi dari komitmen BRI untuk memberdayakan UMKM binaannya. Ini sejalan dengan upaya BRI untuk membantu UMKM naik kelas dan mencapai pasar global. Harapannya, pameran berskala nasional seperti Kriyanusa akan terus membuka akses dan kesempatan bagi pelaku UMKM untuk berkembang.

Pameran Kriyanusa 2024 menampilkan sekitar 420 stan kriya, dengan 30% di antaranya berasal dari pengrajin muda dan 24 stan kuliner. Tahun ini, pameran ini mengangkat ikon kebudayaan Kalimantan Timur dan dimeriahkan dengan berbagai acara seperti fashion show, talk show, lokakarya, serta pertunjukan musik.

***

IN/NS

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1372 seconds