Ragam Tipe Bisnis Retail Berdasarkan Kepemilikannya

Sabtu, 27 April 2024 | 08:00 WIB

Ilustasi Ragam Tipe Bisnis Retail Berdasarkan Kepemilikannya (Kumparan.com)

LINK UMKM -  Bisnis retail bagaikan magnet yang menarik banyak peminat. Prospeknya yang menjanjikan menjadi daya tarik utama. Bisnis ini bergerak di bidang penjualan produk, baik barang maupun jasa, yang menyentuh langsung kebutuhan konsumen.

Bisnis retail pada dasarnya adalah usaha yang menjual produk, baik barang maupun jasa, secara eceran kepada konsumen. Cakupan pasarnya yang luas dan beragam menjadikannya peluang bisnis yang menarik.

Menurut Fazriyah (2008) dalam bukunya "Panduan Mendirikan & Mengelola Usaha Minimarket", bisnis retail secara sederhana diartikan sebagai bisnis makanan dan minuman yang dijual secara eceran dan langsung kepada konsumen.

Dunia bisnis retail tak luput dari klasifikasi. Salah satu kategorinya adalah berdasarkan kepemilikan. Klasifikasi ini menandakan siapa yang memiliki dan mengelola bisnis retail tersebut. Berikut tiga tipe bisnis retail berdasarkan kepemilikan, dikutip dari buku Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Puspaningrum, 2021: 16-17) melalui Kumparan.com:

  1. Toko Tunggal (Single Store Retailer)

Tipe ini merupakan yang paling umum, dengan jumlah toko terbanyak dan umumnya berukuran kecil (di bawah 100 meter persegi). Contohnya adalah kios di pasar tradisional dan minimarket modern yang dimiliki oleh individu.

  1. Rantai Toko (Chain Store Retailer)

Berbeda dengan toko tunggal, rantai toko memiliki banyak cabang yang tersebar di berbagai lokasi. Kepemilikannya pun biasanya bukan perorangan, melainkan oleh suatu institusi bisnis, seperti perusahaan. Contohnya adalah minimarket hingga hypermarket besar.

  1. Toko Waralaba (Franchise Store)

Tipe ini didirikan berdasarkan perjanjian waralaba (kontrak bagi hasil) antara pemilik usaha (franchise) dengan pihak pemberi waralaba (franchisor). Contohnya adalah restoran cepat saji, toko perhiasan, dan lain sebagainya.

Kesimpulannya, bisnis retail tidak hanya sebatas menjual produk kepada konsumen, tetapi juga memiliki keragaman dalam hal kepemilikan tokonya. Pemahaman tentang klasifikasi ini dapat membantu kita untuk lebih memahami dinamika dan strategi yang diterapkan dalam bisnis retail.


***
FF/NAH

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1428 seconds