UMKM Sukses Ekspor Pot Tanaman Serabut Kelapa ke Jepang

Kamis, 25 April 2024 | 08:00 WIB

Ilustrasi Creative Kokedama (Kompas.com)

LINK UMKM - Produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) asal Kota Batu, yakni pot tanaman jenis Kokedama buatan Creative Kokedama, milik Ibu Dwi Lili Indayani, telah berhasil menembus pasar internasional, tepatnya di Jepang. Keberhasilan ini menjadi bukti nyata bahwa produk UMKM Indonesia mampu bersaing di kancah global dan membuka peluang ekonomi yang menjanjikan.

Dilansir dari Kompas.com - Pada tahun 2023, Creative Kokedama menorehkan prestasi dengan mengekspor 1 kontainer berisi 202 box atau 10.450 pot tanaman Kokedama ke Jepang. Nilai ekspornya mencapai Rp 402.460.000, menunjukkan potensi besar yang dimiliki produk ini di pasar global.

Pot tanaman Kokedama terbuat dari bahan dasar serabut kelapa (cocofiber) dan akar pakis, menghadirkan sentuhan alami dan estetis pada dekorasi rumah. Keunikan desain dan kualitas produk inilah yang menarik perhatian pasar Jepang.

Kesuksesan Creative Kokedama tak lepas dari kerjasama dengan perusahaan Bond Syoji.co.ltd di Jepang. Kolaborasi ini menjadi contoh nyata bagaimana pelaku UMKM dapat membangun jaringan dan membuka peluang pasar di luar negeri.

Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, menyatakan komitmen penuh Pemkot Batu untuk terus mendukung pengembangan produk pertanian dan UMKM lokal agar mampu bersaing di pasar global. Menurutnya, hal ini akan berdampak positif pada peningkatan ekonomi dan lapangan pekerjaan bagi masyarakat Kota Batu.

Lebih lanjut, Aries mencontohkan beberapa produk UMKM lain yang telah sukses menembus pasar ekspor, seperti keripik tempe dan keripik buah dan sayur yang diekspor ke Singapura. Hal ini menunjukkan potensi besar yang dimiliki produk-produk UMKM Kota Batu untuk bersaing di pasar internasional.

Kisah inspiratif Creative Kokedama diharapkan dapat memotivasi Sobat LinkUMKM untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas produknya agar dapat mengikuti jejak kesuksesan di pasar global. Dengan semangat dan kerja keras, produk-produk UMKM Indonesia dapat terus menembus pasar global dan membawa manfaat bagi kemajuan ekonomi bangsa.

***

FF/NAH

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1565 seconds