Chibo, Maskot Menggemaskan yang Memperkuat Brand Mochibo

Rabu, 24 April 2024 | 08:00 WIB

Ilustrasi Brand Mochibo (Kompas.com)

LINK UMKM - Mochibo, toko oleh-oleh khas Bogor yang terkenal dengan mochi buah pala, memanfaatkan maskot untuk memperkuat branding mereka. Penggunaan maskot ini membantu Mochibo menonjolkan ciri khasnya dan membuatnya lebih mudah diingat oleh masyarakat.

Dilansir dari Kompas.com - Ibu Ambar dan Rayina Triningsih, pendiri Mochibo, melakukan riset untuk mencari ikon khas Bogor yang cocok untuk produk oleh-oleh mereka. Mereka mensurvei orang-orang tentang apa yang mereka ingat pertama kali saat mendengar kata "Bogor". Pilihannya antara Tugu Kujang, Kebun Raya, atau Istana Bogor. Setelah mempertimbangkan produk mochi mereka yang manis dan lucu, mereka memilih rusa sebagai maskotnya. Rusa dipilih karena identik dengan Bogor dan sesuai dengan citra produk mochi.

Mochibo sebelumnya menggunakan karakter rusa hanya untuk bagian kepala saja. Namun, pada tanggal 4 Agustus 2019, mereka meluncurkan maskot Chibo yang berbentuk bulat dan gempal, menyerupai mochi.

Maskot Chibo ini mengenakan pakaian pangsi berwarna hitam dan merah, pakaian tradisional Sunda yang identik dengan Bogor. Rayina, pencipta Mochibo, menambahkan sentuhan warna-warni pada pakaian pangsi Chibo agar lebih menarik dan sesuai dengan mochi yang beraneka rasa.

Selain itu, karena Bogor dikenal sebagai Kota Hujan, Rayina menambahkan bulir air hujan berwarna-warni pada kemasan Mochibo dan maskot Chibo sering menggunakan payung sebagai aksesoris. Hal ini untuk memperkuat branding Mochibo sebagai oleh-oleh khas Bogor.

Kegunaan Maskot

Mochibo tak hanya memanfaatkan maskotnya untuk logo dan kemasan, tapi juga untuk branding di media sosial dan stiker WhatsApp. Hal ini, menurut Rayina, sangatlah penting untuk memperkuat brand awareness. Maskot Chibo, si karakter lucu dan menggemaskan ini, menjelma menjadi ikon yang menemani Mochibo di berbagai platform.

Keunikan Mochibo terletak pada penggunaan bahasa Sunda dalam stiker WhatsApp. Hal ini disesuaikan dengan aktivitas Chibo, seperti mengucapkan "hatur nuhun" (terima kasih) saat ada pembeli yang memesan. Penggunaan bahasa gaul seperti "OTW" (on the way) saat mengantar pesanan pun tak luput dari strategi ini.

Semua ini dilakukan karena Mochibo menargetkan anak muda dan anak kecil sebagai konsumen utama. Maskot Chibo yang dibuat gaul dan menggemaskan diharapkan dapat menarik hati mereka dan meningkatkan brand awareness Mochibo.

***

FF/NAH

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1282 seconds