Vitamin H Penting untuk Kesehatan dan Produktivitas Pelaku Usaha UMKM

Kamis, 25 Januari 2024 | 08:00 WIB

Ilustrasi Biotin (Media Indonesia)

LINK UMKM - Vitamin H atau biotin adalah vitamin yang larut dalam air dan berperan penting dalam metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak. Vitamin H juga berperan dalam produksi energi, pertumbuhan sel, dan kesehatan kulit, rambut, dan kuku.

Sobat LinkUMKM perlu asupan vitamin H yang cukup untuk mendukung aktivitas yang padat. Hal ini karena biotin berperan penting dalam metabolisme energi, yang merupakan proses pemecahan makanan menjadi energi yang dapat digunakan oleh tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat vitamin H bagi Sobat LinkUMKM yang dikutip dari Media Indonesia:

1. Pengaturan Metabolisme Tubuh

Vitamin B7 atau biotin berperan penting dalam memecah karbohidrat, protein, dan lemak menjadi energi yang dapat digunakan oleh tubuh. Selain itu, vitamin B7 juga berperan dalam produksi insulin, hormon yang membantu tubuh menggunakan glukosa untuk energi.

2. Menjaga Kesehatan Selama Masa Kehamilan

Kekurangan vitamin B7 selama kehamilan dapat meningkatkan risiko terjadinya kelainan pada bayi yang sedang dikandung. Oleh karena itu, penting untuk memastikan asupan vitamin B7 tercukupi selama masa kehamilan.

3. Memulihkan Kerusakan Saraf pada Penderita Diabetes dan Gangguan Ginjal

Vitamin B7 memiliki potensi untuk membantu mengurangi dampak kerusakan saraf pada penderita diabetes dan mereka yang menderita penyakit ginjal yang menjalani proses dialisis atau cuci darah.

4. Mempertahankan Kesehatan Rambut dan Kuku dengan Biotin

Biotin sering dianggap sebagai kunci untuk mewujudkan rambut dan kuku yang lebih tebal serta halus. Namun, hingga saat ini, belum ada bukti ilmiah yang kuat yang dapat dengan tegas mendukung klaim tersebut.

5. Memperbaiki Kesehatan Kulit melalui Vitamin B7

Keberadaan vitamin B7 sangat penting untuk kesehatan kulit dan kekurangannya dapat menyebabkan gangguan seperti seborrheic dermatitis. Namun, hingga saat ini, belum ada bukti ilmiah yang sangat meyakinkan yang dapat dengan tegas mendukung efektivitas suplemen biotin dalam memperbaiki kondisi kulit.

6. Pengobatan Multiple Sclerosis melalui Terapi Biotin Dosis Tinggi

Riset terbaru menunjukkan bahwa terapi biotin dosis tinggi dapat memberikan manfaat yang signifikan dalam mengatasi gejala yang timbul akibat multiple sclerosis.

Yuk, konsumsi vitamin H untuk menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan produktivitas!

 

 

***

KOK/NAH

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1479 seconds