BRI Dukung Pengembangan Usaha Kopi Asal Papua

Rabu, 10 Januari 2024 | 08:00 WIB

Ilustrasi Kopi (kumparan.com)

LINK UMKM - BRI memberikan dukungan kepada produsen kopi dari Kelompok Usaha Rimba Kakupi Ambaidiru, yang berlokasi di kampung Ambaidiru, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua. Simeon Simara Mora, yang bertanggung jawab atas kelompok tersebut, mengungkapkan bahwa Rimba Kakupi Ambaidiru telah aktif sejak 1975. Menurutnya, pendapatan dari hasil produksi kopi kelompok ini cukup menguntungkan dan berkontribusi pada kesejahteraan petani kopi.

“Rata-rata omzet yang kami dapat berkisar Rp 2 juta sampai Rp 5 juta per satu kali panen. Akan tetapi, ini kembali lagi ke jumlah panen dan kualitas kopi yang dihasilkan. Jika hasil panen bagus dan jumlahnya cukup banyak, maka omzet yang bisa diperoleh pun juga akan baik,” ujar Simeon kepada Kumparan.com.

Berkat bimbingan dan dukungan finansial dari BRI pada tahun 2021, produksi kopi dari Kelompok Usaha Rimba Kakupi Ambaidiru mengalami peningkatan yang signifikan.

Simeon mengatakan, “Awalnya, ada orang dari anggota kelompok yang memberitahukan informasi seputar program pembinaan kelompok usaha dari BRI. Dari sana, kami mulai mengusulkan proposal dan ternyata disetujui oleh pihak BRI. Kami pun kemudian menerima bantuan sarana produksi berupa tempat menjemur kopi seluas 6x4 meter.”

Kelompok Usaha Rimba Kakupi Ambaidiru telah menerima pelatihan bisnis, terutama bagi anggota petani mereka, yang mencakup teknik perawatan, panen, dan pengolahan kopi menjadi produk siap jual. Dengan bantuan pembinaan dari BRI, baik Simeon maupun 240 petani lainnya, bersama dengan tiga kelompok tani besar yang berpartisipasi, mulai mengalami transformasi yang positif. Hal ini terutama terlihat dari peningkatan efisiensi dalam mengatasi hambatan yang mereka hadapi sebelumnya.

Dalam kesempatan terpisah, Direktur Bisnis Mikro BRI, Supari, mengungkapkan BRI lewat program Klaster Usaha ‘KlasterkuHidupku’ berkomitmen untuk selalu memberikan baik pendampingan maupun pemberdayaan. Sehingga pelaku UMKM mampu untuk lebih tangguh dan naik kelas.

Dalam wawancara lain, Supari, Direktur Bisnis Mikro BRI, menyampaikan bahwa melalui program Klaster Usaha ‘KlasterkuHidupku’, BRI berdedikasi untuk mendukung pelaku UMKM dengan pendampingan dan pemberdayaan yang konsisten. Tujuannya adalah untuk memperkuat dan meningkatkan kapabilitas pelaku UMKM tersebut.

***

FF/NAH

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.12 seconds