10 Tips Ampuh Memulihkan Flu Secara Efisien

Selasa, 16 Januari 2024 | 08:00 WIB

Ilustrasi Flu (Kompas.com)

LINK UMKM - Dilansir dari Kompas.comFlu atau influenza adalah infeksi virus yang menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Seseorang yang mengalami flu berat akan merasakan demam 2–5 hari, sakit kepala berkepanjangan, badan menggigil dan gemetar, muntah-muntah, nyeri pada tulang, hingga mengalami kelelahan secara terus menerus. Banyak masyakat umum yang mengira flu sama dengan batuk pilek biasa ‘common cold’ akan tetapi menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia, flu disebabkan oleh virus influenza, baik influenza A, influenza B, dan influenza C. Tim LinkUMKM sudah merangkum dari berbagai artikel berikut beberapa tips untuk Sobat LinkUMKM yang secara ampuh memilihkan flu:

1. Berdiam diri di rumah

Berdiam diri di rumah ketika flu juga dapat mencegah penyebaran flu ke orang lain dikarenakan flu bisa jadi berbahaya untuk orang-orang dirumah. Oleh karena itu, penting bagi penderita flu untuk menghindari kontak intens dengan orang lain agar menghindari terjadinya penularan.

2. Perbanyak minum air putih

Tubuh membutuhkan banyak cairan untuk mengganti cairan yang hilang dan melawan infeksinya. Penderita flu sebaiknya minum air putih yang banyak dan alangkah baiknya tidak mengonsumsi minuman yang manis.

3. Tidur yang cukup

Penderita flu harus tidur selama 8 Jam dan tidak boleh tidur terlalu malam agar memberi tubuh lebih banyak waktu ruang untuk pemulihan.

4. Melakukan pemulihan pernapasan

Melakukan pemulihan pernapasan pada hidunh bisa menggunakan humidifier atau vaporizer di ruangan.

5. Mengonsumsi makanan bergizi

Tubuh membutuhkan nutrisi yang baik untuk sembuh dari flu oleh karena itu, penderita flu perlu mengonsumsi buah-buahan, sayur-sayuran dan memperbanyak minum air putih.

***

FF/SKA

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.131 seconds