Terlihat Lebih Awet Muda

Selasa, 28 November 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Merawat Kulit Wajah (Kompas.com)

LINK UMKM -  Siapa sih yang tidak mau memiliki wajah yang awet muda. Bertemu dengan orang lain dan dikatakan awet muda jadi jadi impian orang banyak. Meskipun bertambahnya usia membuat wajah terlihat mengalami penuaan tapi dengan perawatan yang secara benar dan rutin secara berkala dapat membuat wajah Sobat LinkUMKM dapat terlihat lebih awet muda. Berikut ini adalah tips merawat kulit wajah agar awet muda dilansir dari Tempo.co:

1. Gunakan sabun wajah yang lembut

Jangan asal pilih pembersih untuk kulit wajah Sobat LinkUMKM. Gunakanlah formula sabun wajah yang lembut dan pilih sesuai tipe kulit wajah yang sesuai. Direkomendasikan juga menggunakan pembersih untuk wajah yang ringan. Pembersih yang mengandung asam lemak esensial dapat jadi pilihan untuk memberikan hidrasi hidrasi utama dan teh hijau yang bisa melawan kerusakan akibat radikal bebas, dan senyawa yang menyerang sel.

Ketika hendak membersihkan wajah, pastikan tangan sudah bersih dan gunakanlah gerakan melingkar yang lembut.

2. Mulai gunakan retinoid untuk kulit awet muda

Berjalannya waktu bisa membuat kulit perlahan kehilangan kolagen atau protein yang berperan penting dalam menjaga agar wajah kelihatan halus dan kenyal. Dengan hilangnya kolagen bisa berdampak pada kulit yang mulai berkerut. Untuk mencegah hal tersebut dapat menggunakan retinoid,versi vitamin A dengan kekuatan penuh untuk dijadikan pertahanan.

Dengan pengaplikasian retinoid sebanyak  dua sampai tiga kali seminggu pada setiap malam, bisa mengurangi kerutan yang terjadi. Sekarang ini sudah banyak krim retinoid yang dijual bebas di marketplace ataupun toko kosmetik online.

3. Rutin menggunakan tabir surya menjaga kulit awet muda

Melindungi wajah dari paparan ultraviolet juga penting dilakukan. Menggunakan tabir surya secara teratur dapat melindungi wajah  tetap sehat dan mencegah bintik-bintik penuaan serta perubahan warna.

Tapi tidak semua produk tabir surya mampu membuat kulit kenyal. Pilih tabir surya yang dapat melembabkan dan hindari yang mengandung alkohol karena dapat membuat kulit kering.

4. Gunakan krim wajah yang lebih kaya

Mengganti krim wajah yang mempunyai nutrisi dan vitamin juga dapat membantu memerangkap air pada kulit serta menutup celah-celah yang dalam pada kulit wajah. Sehingga penting untuk gunakan krim wajah yang tepat. Bukan hanya untuk area wajah tapi juga bagian leher dan tubuh bagian atas perlu dirawat.

5. Perhatikan apa yang kita makan untuk kulit awet muda

Makanan yang dikonsumsi bisa jadi salah satu faktor yang membuat kulit wajah tidak awet muda. Perhatikan makananan yang mengandung alkohol dan tinggi gula serta karbohidrat putih karena dapat membuat dehidrasi dan memecah glukosa yang membuat tampak lebih tua. Konsumsi makanan yang memiliki protein seperti ikan, daging tanpa lemak, kacang-kacangan dan polong untuk membentuk kolagen yang kuat dalam menjaga kulit. Kandungan vitamin C dapat membantu menjaga kulit tampak lebih muda.

6. Pertimbangkan suplemen

Omega-3 ditemukan pada makanan laut contohnya salmon, yang mampu menjaga kelembaban kulit dan bisa menunda proses penuaan dini. Jika tidak bisa memakan ikan, alternatifnya adalah dengan mengkonsumsi suplemen yang mengandung minyak ikan atau biji rami.

7. Eksfoliasi setiap minggu

Membersihkan sel-sel kulit mati yang terdapat pada kulit wajah dengan teratur bisa membuat kulit wajah tampak lebih cerah. Sobat LinkUMKM dapat melakukan eksfoliasi setiap minggu secara teratur untuk hasil yang maksimal.

***

LMP/PTH

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1444 seconds