Sayuran Untuk Penderita Diabetes

Senin, 27 November 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasu Brokoli (Tempo.co)

LINK UMKM -  Sayuran memang tidak usah diragukan lagi manfaatnya bagi tubuh. Mengkonsumsi setiap hari menjadi cara yang bisa dilakukan untuk mencoba pola makan yang lebih sehat. Sayuran juga bisa dikonsumsi untuk orang-orang yang yang ini sehat. Untuk yang sedang menderita suatu penyakit juga bisa memakan sayuran contohnya adalah diabetes namun perlu diperhatikan pilihan sayuran yang akan dikonsumsi. Seseorang yang memiliki diabetes pasti kesulitan dalam memperhatikan kebiasaan, pola makan sehat hingga makanan yang dikonsumsi. Maka dari itu unutk membantu, melansir dari Tempo.co jenis sayuran yang baik dikonsumsi oleh pengidap diabetes:

1. Brokoli

Bukan hanya bentuknya yang unik, brokoli memiliki berbagai kandungan yang bergizi seperti rendah kalori, tinggi vitamin C, vitamin B, serat dan lainnya. Sayuran yang memiliki serat baik jika dikonsumsi ketika makan. Hal tersebut dapat membantu menstabilkan kadar gula serta membuat kenyang walaupun mengkonsumsi sedikit kalori.

2. Kembang kol

Kembang kol ini memiliki manfaat yang banyak seperti sayuran yang lain dengan rendah kalori dan tinggi nutrisi seperti vitamin C, folat dan serat. Lagi-lagi kandungan serat ini dapat membantu sistem pencernaan bergerak dan bisa membantu meningkatkan kadar gula naik.

3. Asparagus

Asparagus mungkin belum banyak yang tau, sayuran jenis ini baik untuk penderita diabetes. Kandungan yang ada pada asparagus seperti serat dan karbohidrat baik sekali untuk dikonsumsi penderita diabetes.

4. Kale

Kale, jenis sayuran hijau dengan daun bergelombang ini bisa menjadi pilihan sayuran yang dikonsumsi penderita diabetes. Cukup dengan mengkonsumsi kale akan membuat merasa kenyang dalam jangka waktu yang lama. Sayuran kale juga tidak meningkatkan gula dalam darah dan baik bagi yang mempunyai diabetes.

5. Pare

Sayuran ini memiliki bau yang khas, sehingga sebagian orang kurang menyukainya. Tapi dibalik baunya itu ada kandungan yang bermanfaat bagi tubuh mulai dari vitamin A, vitamin C, beta karoten serta kalium. Kandungan yang terdapat pasa sayuran kale ini tentunya ramah bagi penderita diabetes sebab kandungan senyawa yang mirip seperti insulin.

***

LMP/PTH

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1518 seconds