Leadership dan Manfaatnya

Sabtu, 25 November 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi (Kumparan.com)

LINK UMKM -  Kepemimpinan atau dalam bahasa inggris Leadership adalah kemampuan seseorang untuk memimpin sekelompok orang dalam mencapai suatu tujuan tertentu. Dalam kemampuan Leadership perlu sekali untuk diasah dan diterapkan untuk melakukan kegiatan sehari hari, cara tersebut membantu agar jiwa Leadership yang ada pada diri tidak hilang.

Leadership adalah salah satu fungsi dari manajemen untuk mengarahkan orang lain supaya dapat menyelesaikan tugas yang diberikan sesuai dengan rencana untuk mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditentukan. Kepemimpinan memiliki tujuan untuk mengantarkan, memberikan petunjuk, mendidik serta membimbing bawahan agar bisa menyesuaikan jejak pemimpin untuk mencapai tujuan tertentu. Ada 3 manfaat lain dari Leadership dalam sebuah organisasi dilansir dari Kumparan.com:

1. Menyelesaikan konflik

Sebagai seorang pemimpin yang menjalankan perusahaan, perlu adanya kemampuan Leadership yaitu menyelesaikan konflik. Bagaimana seorang pemimpin menyelesaikan suatu konflik yang terjadi di dalam perusahaan dengan baik. Menjadi pemimpin harus bisa mengambil tindakan dan keputusan yang bijak di tengah kegelisahan anggotanya. Sehingga tidak mengherankan pada seorang pemimpin memiliki sikap bijaksana di dalam dirinya.

2. Menentukan misi

Menjadi seorang pemimpin harus memiliki kemampuan yang baik dalam menentukan visi dan misi perusahaan yang akan dilalui oleh anggotanya. Pemimpin dapat melihat peluang yang tersedia serta potensi yang ada untuk dimaksimalkan. Selain itu, seorang pemimpin juga perlu untuk mengetahui konsekuensi dari keputusan yang diambil. Bukan hanya itu, menjadi seorang pemimpin harus bisa menyakinkan anggotanya untuk tetap konsisten bersama sama dalam menjalankan tugasnya.

3. Memotivasi

Mengawasi dan mengontrol memang perlu dilakukan seorang pemimpin. Namun, jangan melupakan untuk memberikan bimbingan serta motivasi untuk anggotanya. Memberikan motivasi adalah sikap dasar dari Leadership. Hal tersebut dapat membantu anggotanya merasa nyaman, aman dan semangat dalam mengerjakan tugas yang diberikan.

Bukan hanya melihat hasil dari pekerjaan anggota, tapi pemimpin yang baik adalah melihat proses yang telah dilalui anggotanya untuk mendapatkan hasil tersebut. Dengan sikap tersebut seorang anggota akan merasa pekerjaan yang telah dilakukan diberi apresiasi dan dihargai oleh pemimpinnya.

***

LMP/PTH

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1594 seconds