Apa Ya Manfaat Dari Membuat Bisnis Plan

Jumat, 24 November 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Bisnis Plan (Tempo.co)

LINK UMKM - Melakukan perencanaan dengan matang sebelum memulai membuka usaha jadi hal penting yang perlu diterapkan. Perencanaan yang matang dapat membantu untuk menjalan usaha nantinya serta memiliki tujuan berkelanjutan. Bisnis plan atau yang lebih dikenal perencanaan diperlukan dalam membuat tujuan dari bisnis dan target usaha bisa dicapai. Adanya bisnis plan ini dapat membantu menyelesaikan masalah yang mungkin saja dihadapi nanti. Langkah untuk bisnis plan dimulai dari menentukan ide produk yang akan ditawarkan, target pasar, hingga menyusun strategi yang tepat. Bisnis plan sendiri adalah cara yang dibuat secara tertulis untuk sebuah bisnis mencapai tujuannya. Ada beberapa jenis bisnis plan, berikut beberapa jenisnya dilansir dari Tempo.co:

1. Operations business plan

Jenis bisnis plan pertama yaitu Operations business plan adalah perencanaan bisnis yang dibuat secara khusus untuk internal perusahaan. Pada jenis ini berisi mengenai rencana yang dilakukan serta kebijakan operasional perusahaan.

Pada Operations business plan juga berhubungan dengan tanggung jawab yang dimiliki setiap orang dalam sebuah perusahaan.

2. Development business plan

Jenis ini merupakan bisnis plan yang dibuat secara detail mengenai bisnis yang akan dibuat. Umumnya memuat tentang administrasi bisnis, organisasi bisnis dan tanggung jawab yang diemban tiap karyawan perusahaan.

3. Growth business plan

Sesuai dengan namanya Growth business plan ini adalah rencana bisnis yang menjelaskan mengenai rencana pertumbuhan sebuah bisnis untuk masa depan. Rencana ini bisa dipergunakan untuk internal perusahaan ataupun eksternal perusahaan seperti menarik perhatian investor.

4. Strategic business plan

Bisnis plan ini lebih sulit dibandingkan dengan bisnis plan yang lain. Karena pada penerapannya akan menjelaskan dengan sangat derai untuk berbagai strategi yang dibuat untuk mencapai tujuan perusahaan.

5. Startup Business plan

Pada jenis bisnis plan ini menjelaskan tentang rencana bisnis yang dibuat oleh perusahan yang baru merintis atau sekarang ini dikenal dengan startup.

Pada jenis bisnis plan ini contohnya penawaran produk barang dan jasa, evaluasi bisnis, struktur marketing sampai manajemen risiko.

***

LMP/PTH

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1367 seconds