Tips Baking Yang Tepat

Senin, 20 November 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi baking (Kumparan.com)

LINK UMKM -  Banyak bisnis yang mencoba menawarkan produk kuliner berupa roti. Roti yang enak dapat diproduksi jika mengetahui cara yang tepat dalam menentukan komposisi bahan, pengulenan bahan dan proses baking nya. Proses baking bisa menjadi pengalaman yang menarik dan menantang untuk pemula karena baru mencoba. Tapi dengan pemahaman dan tips yang tepat siapa saya dapat menguasai seni baking dengan mudah.

Dilansir dari Kumparan.com tips penting bagi pemula yang ingin mencoba baking:

1. Ukur bahan dengan presisi

Bahan yang digunakan haru tepat untuk kunci kesuksesan dalam baking. Sobat LinkUMKM dapat menggunakan timbangan dapur untuk mempermudah mengukur berat bahan-bahan kering agar sesuai. Bahan kering tersebut seperti tepung, gula, atau coklat bubuk.

Selain menggunakan timbangan dapur, Sobat LinkUMKM juga bisa menggunakan cangkir ukur untuk mengukur bahan-bahan cair, misalnya susu, minyak atau bahan yang lain. Ukuran bahan yang tepat digunakan akan berdampak pada tekstur dan rasa dari produk yang dihasilkan. Sehingga penting dalam melakukan pengukuran bahan yang tepat.

2. Kenali oven

Pada setiap oven pasti berbeda-beda, maka dari itu penting Sobat LinkUMKM memahami oven yang digunakan. Mulai dari cara kerja, suhu yang tepat untuk memanggang dan cara distribusi panas didalamnya

Jika memiliki oven termometer, maka dapat digunakan terpisah untuk memastikan suhu yang dihasilkan oven sama dengan yang terlihat di pengaturan. Perlu diperhatikan agar lakukan prapanas oven selama beberapa menit agar panas pada oven merata sebelum adonan dimasukkan.

3. Gunakan bahan pada suhu ruang

Jika bahan-bahan berasal dari lemari pendingin atau kulkas, penting untuk berada pada suhu ruang sebelum digunakan, Bahan-bahan tersebut seperti mentega, telur dan susu. Apabila dalam keadaan dingin atau terlalu panas akan mempengaruhi pada tekstur dan hasil produk setelah di oven. Untuk mempercepat proses pemanasan mentega, dapat meletakkannya di atas piring hangat untuk melunakkan atau bisa juga untuk telur direndam kedalam air hangat sebelum digunakan.

4. Jangan terlalu sering membuka oven

Ketika proses baking jangan tergoda untuk membuka tutup oven untuk melihat adonan. Perubahan suhu yang tiba-tiba berubah akan mengakibatkan roti atau kue yang dimasak menjadi kurang matang dengan sempurna.

Apabila ingin melihat adonan, Sobat LinkUMKM dapat menunggu sekitar dua per tiga waktu pemanggangan sebelum membuka oven untuk memastikan adonan sudah matang atau belum.

5. Perhatikan waktu pemanggangan

Waktu pemanggangan adonan harus diperhatikan. Sobat LinkUMKM dapat menggunakan timer untuk mengatur waktu yang sesuai dalam resep. Pada setiap oven berbeda beda jadi jika proses memasak lebih cepat atau lama maka dapat disesuaikan dengan bijak agar adonan dapat matang dengan sempurna. Anda dapat menggunakan tusuk gigi atau lidi untuk memeriksa adonan tela matang atau belum sebelum dikeluarkan dari oven.

6. Biarkan adonan mendingin sebelum disajikan

Ketika sudah dikeluarkan dari oven, diamkan dulu beberapa saat hingga roti atau kue mendingin secara keseluruhan. Ketika baru matang, kondisi masih panad dan tekstur bisa masih lembek dan belum stabil.

Ketika sudah dingin kondisi adonan akan mengeras dan menghasilkan hasil yang lebih baik.

***

LMP/PTH

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1461 seconds