Anak Muda Cocok Sekali berbisnis Kreatif

Sabtu, 18 November 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Bisnis Kreatif (Tempo.co)

LINK UMKM -  Zaman yang sudah berubah semakin maju dan kebutuhan semakin beragam mempengaruhi dunia bisnis. Banyak sekali bisnis-bisnis baru yang unik dan menarik, bahkan sebelumnya tidak ada. Ide-ide kreatif muncul untuk memberikan tambahan masukan bisnis yang relevan untuk sekarang ini. Dunia bisnis yang kreatif jadi suatu hal yang penting agar dapat menghasilkan produk yang memiliki daya saing tinggi. Bukan cuma orang dewasa, anak muda pun bisa membangun bisnis dengan ide-ide yang kreatif. Melansir dari Tempo.co 10 ide bisnis kreatif yang cocok untuk anak muda:

- Content creator

Seorang content creator sekarang ini banyak dibutuhkan dalam bisnis. Pekerjaan yang dilakukan adalah membuat konten untuk menarik pelanggan agar tertarik melihat. Ada beberapa jenis dari konten  kreatif seperti review makanan, beauty vlogger, games dan lainnya. Jika Sobat LinkUMKM tertarik untuk menjadi Content creator, tipsnya adalah ide konten yang dimiliki menarik dan kreatif, percaya diri, berani, mulai saja dahulu lalu evaluasi.

- Usaha clothing

Kebutuhan pakaian yang tinggi jadi peluang yang menjanjikan, dengan membangun bisnis pakaian menggunakan nama merek sendiri. Sekarang ini pelanggan banyak yang menyukai pakaian yang beragam dan unik seperti gelang, kalung, celana, hingga sepatu. Sebelum memulai usaha clothing Sobat LinkUMKM dapat memperhatikan beberapa hal antara lain, konsep bisnis yang matang, Ada keunikan yang berbeda dari bisnis lain, selalu mengikuti perkembangan pakaian.

- Usaha thrift shop

Menjual pakaian second yang masih memiliki kualitas yang bagus, bisa dijadikan pilihan membuka usaha Sobat LinkUMKM. Bukan hanya pakaian, bisa juga gelang, kalung, sepatu sampai mainan untuk dijual. Perlu diingat agar memilih barang second yang memiliki kualitas dan kondisi yang baik untuk dijual di thrift shop Anda. Selain itu bisa juga mencari merek barang second terkenal yang mungkin saja ada. Walaupun merek terkenal, tapi harga yang ditawarkan masih sesuai kantong dan jauh dari harga aslinya.

- Makeup artist (MUA)

Bagi Sobat LinkUMKM yang mempunyai kemampuan makeup yang handal bisa mencoba untuk membuka makeup artist (MUA). Dengan memberikan jasa untuk mendandani pelanggan agar tampil cantik dan tampan, Anda juga akan mendapatkan keuntungan yang bisa disimpan. MUA banyak dibutuhkan ketika akan diadakan acara contohnya pernikahan, wisuda dan sebagainya.

- Freelance writer

Nah untuk yang memiliki kreativitas dalam menulis, Sobat LinkUMKM dapat menjadi freelance writer, yang menerima pekerjaan lebih dari satu klien. TIdak membutuhkan latar belakang pendidikan yang tinggi dan khusus untuk dapat menjadi seorang freelance writer. Anda perlu tahu dasar-dasar dari menulis yang baik dan memiliki pemikiran yang kreatif.

- Bisnis hampers

Hampers atau bingkisan yang dibungkus dan diberikan kepada orang terkasih bisa jadi pilihan bisnis kreatif selanjutnya. Kemampuan dalam membuat hampers menjadi menarik dan cantik dibutuhkan dalam bisnis ini. Hampers dapat diberikan ketika hari atau acara penting seperti idul fitri, natal dan acara lainnya. Isi dari hampers pun beragam bisa makanan sampai peralatan makan.

- Jasa guide gunung

Untuk yang memiliki rumah dekat gunung dan hobi mendaki gunung, maka jasa guide jadi pilihan yang tepat. Guide gunung hampir sama seperti guide wisata. Perbedaannya hanya pada lokasinya saja yaitu gunung. Sobat LinkUMKM dapat memberikan jasa guide gunung kepada pelanggan yang akan mendaki. Tawarkan keuntungan dan perbedaan jasa yang Anda miliki dengan jasa yang lain.

 - Kerajinan boneka custom

Keterampilan menjahit Sobat LinkUMKM bisa dimanfaatkan untuk membangun bisnis kerajinan boneka custom. Sama seperti hampers, boneka bisa dijadikan pilihan yang tepat untuk diberikan kepada orang terkasih ketika hari penting seperti wisuda, ulang tahun atau hari penting lainnya.

 - Membuat workshop

Jika Sobat LinkUMKM memiliki kemampuan khusus contohnya menulis, bernyanyi atau sebagainya, dapat membuka workshop sebagai tempat orang belajar kemampuan tersebut. Apabila tidak memiliki cukup tempat, sekarang ini dapat membuka workshop secara online. Biaya yang dikeluarkan pun tidak terlalu besar karena tidak melakukan penyewaan tempat untuk workshop.

- Usaha cuci kendaraan panggilan

Jasa cleaning service panggilan sudah hal yang lumrah sekarang. Masih jarang kalau jasa cuci kendaraan panggilan, hal ini bisa jadi peluang bisnis yang unik dan kreatif yang menjadi pembeda dengan bisnis jasa cuci kendaraan lain.

***

LMP/PTH

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1692 seconds