Ini Ciri Iklan Binsis Kamu Bagus

Kamis, 9 November 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Iklan (Tempo.co)

LINK UMKM -  Sudah banyak sekali cara dalam memperkenalkan produk bisnis kepada masyarakat, mulai dari yang biasa sampai yang unik. Iklan jadi salah satu pilihan yang paling banyak digunakan bisnis untuk memperkenalkan produk kepada masyarakat. Iklan adalah media pemasaran yang berfungsi untuk promosi suatu bisnis kepada konsumen. Tidak selalu untuk menjual produk, iklan juga dapat digunakan untuk memberikan informasi dan edukasi bagi penontonya. Iklan juga menjadi mendorong keinginan membeli dari konsumen menjadi lebih tinggi. Nah, ternyata ada beberapa ciri-ciri dari iklan dipahami berikut ini dilansir dari Tempo.com:

- Iklan dibuat menarik

Tujuan dibuatnya iklan adalah untuk membuat konsumen mengambil keputusan membeli produk Sobat LinkUMKM. Sehingga buatlah iklan yang menarik, semakin unik dan beda iklan, akan semakin terdorong juga konsumen membeli produk dan jasa yang ditawarkan.

- Bahasa mudah dipahami

Gunakanlah bahasa yang mudah dipahami. Baik itu iklan pada media cetak maupun digital. Penggunaan bahasa yang jelas dan mudah dipahami akan mempermudah konsumen memahami maksud dari iklan tersebut. Selain itu, bahasa yang mudah dipahami dapat mempengaruhi informasi terkait suatu produk dan layanan.

- Iklan bersifat informatif

Berikanlah informasi-informasi yang berguna pada iklan Sobat LinkUMKM. Iklan yang memuat informasi produk secara rinci dan menarik dapat menandakan iklan yang baik. Melalui penyampaian iklan yang informatif calon konsumen bisnis Sobat LikUMKM akan mengetahui dengan jelas tentang produk, manfaat dan keunggulan yang akan diperoleh. Dan juga iklan yang informatif akan mempengaruhi pengambilan keputusan calon konsumen untuk membeli atau tidak produk tersebut.

- Bersifat persuasif

Bukan hanya informatif, sebuah iklan harus persuasif, yaitu mengandung kalimat ajakan bagi konsumen untuk melakukan pembelian secara halus. Tujuannya tentu saja untuk mendorong keinginan calon konsumen membeli produk semakin meningkat.

- Bersifat komunikatif

Setelah informatif dan persuasif, adalah komunikatif. Maksudnya dapat menarik konsumen dengan kata-kata dan kalimat yang mudah dipahami. Sederhananya tidak menggunakan kalimat yang rumit dan panjang, cukup gunakan kalimat yang membuat konsumen mengerti dengan mudah.

- Ditujukan kepada target audiens

Ciri dari iklan yang lain adalah sudah menentukan target pasar dari produk yang akan ditawarkan. Dengan demikian, Iklan Sobat LinkUMKM akan lebih mudah tepat sasaran dalam mempengaruhi target pasar.

- Singkat, jelas dan lugas

Gunakan kalimat pada iklan yang singkat, jelas dan lugas sehingga mudah dimengerti oleh audiens. Jangan terlalu banyak menggunakan kata-kata yang nantinya akan menghambat tersampaikannya maksud iklan kepada calon konsumen.

***

LMP/PTH

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1637 seconds