4 Manfaat Lengkuas yang Wajib Diketahui

Sabtu, 2 September 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Lengkuas (Kompas.com)

LINK UMKM -  Hai Sobat Linkumkm! Kali ini, mari kita jatuh cinta pada rempah-rempah yang sering digunakan dalam masakan tradisional kita, yaitu lengkuas. Lengkuas bukan hanya memberi cita rasa khas pada hidangan, tetapi juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa yang mungkin belum Anda ketahui. Mari kita pelajari lebih dalam tentang empat manfaat penting dari lengkuas untuk kesehatan Anda yang dilansir dari Kompas.com:

1. Penyembuh Alami untuk Gangguan Pencernaan: Lengkuas telah lama digunakan sebagai obat alami untuk masalah pencernaan. Rimpang lengkuas mengandung senyawa yang dapat membantu meredakan gangguan pencernaan seperti perut kembung, mual, dan gangguan pencernaan lainnya. Ini dapat membantu Anda merasa lebih nyaman setelah makan.

2. Antiinflamasi Alami: Lengkuas juga memiliki sifat antiinflamasi yang bermanfaat bagi tubuh. Senyawa yang terkandung dalam lengkuas dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini dapat berguna dalam mengurangi risiko penyakit inflamasi seperti arthritis.

3. Mendukung Kesehatan Jantung: Lengkuas mengandung kalium, yang penting untuk kesehatan jantung. Kalium membantu menjaga tekanan darah dalam kisaran yang sehat dan mendukung fungsi otot jantung yang normal.

4. Perlindungan Antioksidan: Seperti banyak rempah-rempah, lengkuas juga mengandung antioksidan. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat merusak sel-sel dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Mengonsumsi lengkuas secara teratur dapat membantu tubuh Anda melawan stres oksidatif.

Cara Menikmati Manfaat Lengkuas: Untuk merasakan manfaat kesehatan lengkuas, Anda dapat menambahkannya ke dalam masakan Anda atau membuat teh lengkuas. Anda juga dapat mencari suplemen lengkuas yang tersedia di pasaran.

Sobat Linkumkm, lengkuas adalah salah satu rempah-rempah ajaib yang tidak hanya memberi citarasa istimewa pada masakan Anda tetapi juga memberikan berbagai manfaat kesehatan. Jadi, jangan ragu untuk menjadikan lengkuas sebagai bagian dari pola makan seimbang Anda dan merasakan manfaatnya untuk kesehatan Anda. Tetap sehat dan tetap cinta pada rempah-rempah lokal kita!

***

GN/LMP

Komentar (0)

Copyright @ 2023 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.174 seconds