5 Strategi Menumbuhkan Bisnis UMKM Untuk Meningkatkan Keuntungan

Sabtu, 29 April 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Foto Keuntungan UMKM. (Kumparan.com)

LINK UMKM -  Kamu perlu mengetahui prosedur sederhana atau cara bisnis UMKM yang efisien, seperti menggunakan software pembayaran untuk transaksi bisnis, saat memulai Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), selain mengetahui cara membuat produk dan menyiapkan dana.

Di masa pandemic saat itu, Kamu harus mempersenjatai diri dengan pengetahuan teknik pemasaran UMKM selain menyiapkan dana.

Usaha Kamu akan tumbuh dengan cepat dan menuai banyak keuntungan jika Kamu menjalankan strategi pertumbuhan UMKM yang tepat.

Berikut ini adalah langkah-langkah mudah atau cara sukses bisnis UMKM yang cocok untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah, seperti sebagai berikut :

  1. Tingkatkan kualitas barang

Salah satu faktor kunci pertumbuhan UMKM adalah kualitas produk. Mengingat pembeli akan selalu menyukai barang berkualitas tinggi. Kualitas produk akan otomatis meningkat selama kualitas bisnis tetap terjaga. Oleh karena itu, kualitas produk UMKM harus ditingkatkan secara bertahap. Meski terkadang menaikkan biaya produksi, pelaku usaha bisa menyiasatinya dengan menaikkan harga jual. Produk tersebut akan terus disukai pelanggan selama kenaikan harganya sesuai.

  1. Identifikasi dan klasifikasikan target pasar secara akurat

Meskipun usaha Kamu masih kecil, Kamu harus memiliki target audiens atau konsumen yang tepat. Selain itu, Kamu harus melakukan studi untuk memahami kecenderungan pembelian pelanggan potensial. Misalnya, jika Kamu menjual aksesoris fashion hijab untuk anak muda, Kamu perlu mengetahui segmen pasar mana yang sering membeli barang-barang tersebut, wanita berusia antara 15 dan 35 tahun atau orang dewasa yang berusia 40 tahun atau lebih. Kamu dapat menggunakan jenis kelamin, usia, pendidikan, dan pekerjaan sebagai panduan saat memutuskan segmentasi pasar. Jika Kamu masih bingung, lakukan riset dengan membuat survey atau jajak pendapat kecil-kecilan di media sosial.

  1. Andal dalam menjalankan bisnis

Menjadi konstan dalam urusan bisnis Kamu adalah tahap akhir yang mudah atau strategi bisnis UMKM. Dari memilih produk hingga mengembangkan rencana pemasaran untuk produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), semuanya tercakup. Meskipun pemutakhiran dan inovasi penting untuk pengembangan bisnis, selalu penting untuk memiliki dasar yang kuat dalam prinsip bisnis sehingga konsumen dan target pasar akan mengenali merek Kamu.

  1. Manfaatkan platform online

Platform online memiliki peran yang sangat signifikan dalam pengembangan usaha UMKM di era digital ini. Karena semakin banyak konsumen yang melakukan bisnis secara online karena dianggap lebih nyaman dan hemat biaya. Selain itu, bisnis UMKM dapat memanfaatkan platform online untuk berbagai tujuan, termasuk promosi produk, komunikasi klien, dan fasilitas penjualan. Media sosial dan e-commerce hanyalah beberapa platform yang dapat digunakan untuk kebutuhan ini. UMKM dapat menjangkau pasar yang lebih luas dan berpeluang mendongkrak penjualan dengan memanfaatkan jalur online.

  1. Berikan pelayanan yang baik untuk mendapatkan loyalitas pelanggan

Jangan hanya berkonsentrasi pada kepentingan bisnis saat menjalankan perusahaan atau bisnis; melakukan yang terbaik untuk pelanggan. Misalnya, dengan mengatur kontak layanan pelanggan, sehingga pelanggan tidak akan repot mencari sarana untuk menghubungi Kamu jika mereka memiliki masalah atau keluhan. Layanan ini juga dapat digunakan sebagai alat untuk menentukan aspek mana dari perusahaan Kamu yang harus diubah sebagai tanggapan atas umpan balik pelanggan.

***

GN/WW

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1119 seconds