Tips Sukses Usaha Kelontong Sembako Agar Laris

Minggu, 27 Agustus 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Foto Warung Sembako. (Kumparan.com)

LINK UMKM -  Tidak selalu mudah untuk bekerja sebagai karyawan. Membuka usaha sendiri tentu lebih mengasyikkan daripada bekerja untuk orang lain untuk orang yang berjiwa wirausahanya. Jadi, memulai bisnis toko kelontong adalah jenis bisnis yang sangat disarankan bagi Kamu yang ingin membuka usaha mandiri.

Ada beberapa hal yang harus Kamu ketahui sebelum mendirikan bisnis khusus ini. Berikut beberapa tips untuk pemula yang ingin segera sukses memulai bisnis toko sembako :

  1. Pertimbangkan lokasi usaha kelontong

Pilih sisi rumah yang paling menguntungkan dan sering dilalui. Ya, Kamu bisa membuatnya di teras, di garasi, atau bahkan di halaman rumah. Nantinya, pajang barang yang dijual dengan cermat dan rapih agar orang yang lalu lalang tertarik untuk mengunjungi toko Kamu.

  1. Menganalisa keadaan lingkungan

Alangkah baiknya jika Kamu terlebih dahulu melakukan sensus penduduk di wilayah yang akan Kamu tuju untuk pendirian bisnis Kamu sebelum membuka toko usaha. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur besarnya pasar dan jenis kebutuhan masyarakat.

Jangan memasarkan atau menjual barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan masyarakat. Kamu harus menghindari mengoperasikan toko kelontong terlalu dekat dengan toko yang menjual produk lebih lengkap daripada yang Kamu lakukan.

  1. Membuat Keputusan Modal

Cerdas Perusahaan toko kelontong pasti harus memulai awal keuangan yang kuat dengan uang tunai, sebaiknya dari tabungan daripada pinjaman. Memulai bisnis toko kelontong membutuhkan kesabaran karena pendapatan yang signifikan tidak terwujud dalam semalam. Oleh karena itu, sangat disarankan jika uang tersebut berasal dari dana pribadi dan dimaksudkan untuk bisnis. Jika keadaan mencegah hal ini, Kamu masih dapat mengajukan pinjaman dan memilih opsi dengan tingkat bunga terendah.

  1. Dekorasi untuk toko

Bagian luar lokasi perusahaan toko kelontong Kamu adalah hal berikutnya yang harus Kamu pertimbangkan, mulai dari kebersihan toko, cara penataan barang dagangan, hingga cara dekorasi ruangan. Perhatian klien potensial sangat dipengaruhi oleh tata letak, kebersihan, dan daya tarik toko. Karena itu Kamu harus memperhatikan dengan seksama.

  1. Mulailah penawaran diawal untuk mendongkrak bisnis baru

Kamu dapat mengundang beberapa anggota keluarga dan tetangga ke sebuah perayaan ketika semuanya sudah selesai dan toko akan dibuka sekaligus membuka stand sembako. Nah, peluang ini juga bisa dimanfaatkan untuk kampanye pemasaran.

Selain menggunakan flyer, Kamu bisa menggunakan media sosial untuk mengiklankan toko Kamu. Jangan lupa untuk membuat spanduk di pintu masuk toko agar klien bisa melihat keberadaan warung tersebut.

Ini adalah strategi pembukaan toko sukses untuk Kamu, silahkan mencoba!

***

GN/WW

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.147 seconds