Bisnis Es Batu Kristal Yang Menguntungkan

Sabtu, 29 April 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Es Batu Kristal (Kumparan.com)

LINK UMKM -  Bisnis es batu kristal semakin diminati oleh banyak orang, terutama di musim panas. Namun, sebelum memulai bisnis ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satu kunci sukses dalam bisnis es batu kristal adalah perhatikan bahan baku yang digunakan.

Es batu kristal memiliki ciri khas bentuk yang jernih dan terlihat bersih. Oleh karena itu, bahan baku yang digunakan haruslah bebas dari kandungan bahan kimia berbahaya atau bahan organik yang dapat membuat es batu tidak jernih dan mengurangi kualitasnya.

Pilihlah air bersih dan bebas dari kandungan zat-zat kimia seperti klorin. Selain itu, pastikan alat pembuat es batu yang digunakan dalam kondisi bersih dan terjaga kebersihannya. Jangan lupa untuk mencuci bahan pembuat es batu seperti wadah atau baskom dengan baik.

Selain memperhatikan bahan baku, jangan lupa untuk menyesuaikan harga jual dengan biaya produksi yang telah dikeluarkan. Berikan harga yang wajar namun tetap menguntungkan untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan dan meningkatkan omset bisnis. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, diharapkan bisnis es batu kristal dapat sukses dan memberikan keuntungan yang lebih besar bagi pelaku usaha.

Es batu kristal, juga dikenal sebagai es batu premium, berbeda dengan es batu biasa. Es batu kristal terbuat dari air yang telah disaring secara khusus dan diproses dengan cara tertentu sehingga menghasilkan es dengan kualitas yang lebih baik.

Dilansir dari Kompas.com berikut hal yang perlu diperhatikan sebelum Sobat LinkUMKM memulai bisnis es batu kristal:

1. Melakukan Riset Pasar

Sebaiknya sebelum memulai bisnis, lakukanlah riset pasar terlebih dahulu untuk mengetahui keperluan dan permintaan pasar. Kamu bisa mencari tahu bisnis es batu kristal, seperti rata-rata berapa harga jualnya dan berapa banyak pesaing bisnis tersebut di wilayahmu. Selain itu, bisa melakukan survei ke pasar maupun cafe terdekat untuk mengetahui adakah permintaan untuk es batu kristal dan apa yang mereka butuhkan.

2. Memilih Mesin Pembuat Es Batu Kristal

Selanjutnya pilihlah mesin pembuat es batu kristal yang sesuai dengan keperluan bisnis karena ada beberapa merek mesin pembuat es batu kristal yang berkualitas. Selain itu, pastikan mesin pembuat es batu kristal sesuai dengan kapasitas produksi yang diperlukan dan mempunyai fitur pendukung kualitas es batu kristal yang diciptakan.

3. Memperhatikan Bahan Baku

Pastikan ketika memilih bahan baku untuk memproduksi es batu kristal memiliki kualitas yang baik. Air bersih menjadi bahan baku utama untuk menciptakan es batu kristal yang berkualitas. Dan pastikan bahan baku yang dipakai memenuhi standar kesehatan dan keamanan agar tidak menimbulkan masalah nantinya. Bahan baku yang berkualitas bisa menciptakan es batu kristal yang transparan dan terbebas dari bau.

4. Mengembangkan Bisnis

Terakhir dengan mengembangkan inovasi dan produk baru untuk menarik pelanggan yang lebih banyak dan meningkatkan penjualan. Misalnya membuat es batu kristal dengan ukuran yang berbeda-beda. Selain itu, Kamu juga bisa mengembangkan produk lain yang bahan utamanya menggunakan es batu kristal seperti minuman dingin.

***

GN/FF

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1696 seconds