Prospek Bisnis Kayu Sengon

Rabu, 29 Maret 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Bisnis Kayu Sengon (Kumparan.com)

LINK UMKM -  Salah satu usaha di bidang kayu yang bisa Anda coba adalah usaha kayu sengon. Membuka usaha ini bisa dikatakan punya prospek yang sangat menguntungkan. Sebab, kayu ini memiliki harga yang tinggi, pasti laku, perawatannya mudah, serta kegunaannya yang banyak. Tidak heran jika banyak yang mencari kayu sengon.

Pohon sengon menjadi salah satu jenis pohon bernilai ekonomis tinggi. Pohon yang biasa dimanfaatkan kayunya untuk perabot rumah tangga, tiang bangunan, pagar, kertas, tangkai korek api, dan lain sebagainya. Pohon sengon dapat tumbuh tinggi yang mencapai sekitar 30-45 meter dengan ukuran diameter sebesar 70-80 cm.

Dengan nilai yang ekonomis dan manfaatnya yang multiguna membuat banyak orang membudidayakan pohon sengon. Peluang usaha budidaya pohon sengon  memiliki prospek bisnis yang cukup bagus. Dari waktu ke waktu permintaan kayu sengon terus meningkat. Pemasaran kayu sengon terbilang laris manis di pasaran. Hal ini pun membuat prospek budidaya pohon sengon sangat gemilang. Cara budidaya pohon sengon sendiri tidaklah sulit.

Dimana budidaya pohon sengon dapat Anda lakukan pada lahan kosong yang Anda miliki. Tidak membutuhkan perawatan yang serasa khusus dalam proses budidaya pohon sengon ini. Dimana jika Anda memiliki ketersediaan lahan yang kosong maka dapat Anda manfaatkan untuk budidaya pohon sengon.

Dilansir dari Kumparan.com Kayu sengon sendiri juga masih banyak kegunaannya selain untuk bahan dasar kayu lapis. Antara lain juga untuk konstruksi bangunan yang pasti sangat dibutuhkan baik di semua kalangan, baik dari kalangan bawah maupun kalangan atas. Beberapa bangunan yang terbuat dari kayu sengon antara lain meja, kursi, lemari, dipan, cagak atap, cagak dinding dan masih banyak lagi.

Alasan para pemborong atau seseorang memilih kayu sengon sebagai bahan konstruksi bangunan yaitu karena bahannya yang murah mudah didapat, dan juga bisa awet jika bisa dirawat dengan baik. Dalam konstruksi bangunan kayu sengon yang digunakan biasanya kayu yang berdiameter dari 20 cm keatas. Karena kayu tersebut sudah besar.

Selain untuk industri kayu lapis, kayu sengon juga bisa untuk dijadikan bahan industri korek api, industri pensil, dan juga industri pulp kertas. Industri pensil dan juga pulp kertas sendiri menjadi industri yang sangat penting bagi semua daerah di belahan dunia. Karena pendidikan sendiri sangat membutuhkan kertas dan juga pensil. Seperti kita ketahui, semua buku buku yang kita gunakan terbuat dari pulp kertas.

Begitu juga untuk industri pensil, yang pastinya juga dibutuhkan dalam dunia pendidikan dalam hal tulis menulis. Kemudian dalam industri korek api kayu sengon juga dibutuhkan untuk batang koreknya, yang bertujuan untuk memudahkan seseorang menyalakan api. Api sendiri merupakan sumber kehidupan juga buat manusia, jadi sangat menutup tidak mungkin jika korek api tidak digunakan oleh semua orang.

Selain dari batangnya saja, kayu sengon juga masih banyak manfaatnya seperti akar, ranting dan juga daunnya. Akar kayu sengon yang sudah besar juga sangat bisa digunakan untuk membuat alas meja. Sehingga meja menjadi lebih estetik. Untuk ranting sendiri bisa digunakan untuk kayu bakar seperti pabrik tahu tempe, dan juga lain-lain. Sedangkan untuk daun sengonnya juga dapat digunakan untuk pakan ternak kambing. Karena sekarang sangat banyaknya peternak kambing membuat daun sengon menjadi pakan kambing yang baik juga, sehingga mampu menambah jumlah penghasilan jika diperjualbelikan.

***

GN/FF

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.183 seconds