Rahasia Sukses Mengubah Hobi Menjadi Bisnis Yang Menguntungkan

Selasa, 28 Maret 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Mengubah Hobi Menjadi Bisnis Yang Menguntungkan (Kumparan.com)

LINK UMKM -  Hobi apabila digeluti dengan tekun dan konsisten berpotensi besar mengumpulkan pundi-pundi Rupiah dalam sekejap. Pasalnya  berbisnis dengan hobi yang kita minati, maka akan dijalani dengan kecintaan yang pada akhirnya akan bisa bertahan bahkan bisa berkembang lebih besar. Pasalnya, berbisnis bermula dari hobi yang kita minati menghadirkan energi sukses sehingga menghasilkan daya dorong yang luar biasa.

Setiap orang pasti memiliki hobi masing-masing. Hobi atau kegemaran adalah kegiatan yang Anda sukai dan kuasai. Karena melakukan sesuatu yang merupakan minat dan hobi adalah sesuatu yang menyenangkan. Hobi ini sebenarnya dapat Anda manfaatkan sebagai peluang usaha yang sangat menguntungkan.

Menjalankan sebuah bisnis atas dasar hobi akan memudahkan Anda dalam pengelolaannya, karena Anda telah menguasai hal tersebut. Sehingga peluang keuntungan yang Anda dapatkan akan jauh lebih besar.

Melansir dari Kumparan.com berikut tips sukses mengubah hobi menjadi bisnis:

1. Buat Rencana

Seperti semua pekerjaan, rencana yang matang setara dengan setengah jalan menuju keberhasilan. Demikian juga untuk mengubah hobi jadi bisnis, perlu direncanakan. Rencana harus disusun untuk setiap tahapan dan yang terpenting adalah strategi untuk memulainya. Sebagai awal kita bisa bekerja paruh waktu di bisnis yang terkait dengan hobi kita, sebelum akhirnya menjalankan bisnis sendiri.

2. Raih Penjualan Pertama

Kamu tidak perlu mengembangkan hobi jadi bisnis bernilai jutaan atau milyaran dalam hitungan hari. Sasaran awal adalah melakukan penjualan perdana dari hobi Kamu, sebelum benar-benar mengubahnya jadi sebuah bisnis besar. Ada banyak strategi untuk benar-benar mendapatkan penjualan perdana. Ini tergantung pada produk yang dijual. Jika yang dijual adalah jasa, Kamu bisa memulai dengan memberikan layanan gratis untuk mendapatkan testimoni kualitas pekerjaan Kamu dari pelanggan pertama ini.

3. Maksimalkan Waktu

Jika sebagai hobi, suatu kegiatan hanya memanfaatkan waktu luang, maka begitu berubah menjadi bisnis Kamu harus mengoptimalkan lebih banyak waktu. Dan untuk ini, Kamu bisa melibatkan orang-orang terdekat, seperti pasangan atau anak-anak, supaya membuat Kamu lebih bersemangat.

4. Masuk Ke Platform Online

Digitalisasi atau masuk ke platform online, jadi keniscayaan dalam menjalankan bisnis di masa sekarang. Mulai dari media sosial, hingga membuat web sendiri. Hal ini untuk menjangkau pasar yang lebih luas dari produk Kamu, serta membangun networking.

5. Membangun Jejaring

Dengan berada di platform online, akan memudahkan orang lain menemukan bisnis Kamu. Kesuksesan bisnis juga banyak ditentukan oleh promosi dari mulut ke mulut dan jaringan. Kamu juga harus siap untuk aktif mempromosikan bisnis. Penting untuk masuk ke dalam komunitas, perkumpulan, atau organisasi yang sejalan dengan bisnis yang Kamu jalankan. Kamu bisa belajar banyak di kegiatan-kegiatan komunitas untuk membangun jejaring.

6. Perlakuan Seperti Pekerjaan

Terakhir dan tidak kalah penting, adalah untuk menjalankan hobi yang telah menjadi bisnis ini, layaknya pekerjaan di kantor. Bedanya, bos Kamu adalah diri sendiri. Sebagai bos, Kamu tentukan target-target mulai dari harian, mingguan, bulanan, hingga tahunan. Dan Kamu sendirilah yang harus menjalankan dan mewujudkan target tersebut.

***

GN/FF

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1278 seconds