Alasan Pentingnya Hobi Untuk Bebas Stres dan Usaha Sampingan

Selasa, 28 Maret 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Pentingnya Hobi Untuk Bebas Stres dan Usaha Sampingan (Kompas.com)

LINK UMKM -  Bosan dengan rutinitas harian? Mungkin Anda bisa melakukan hobi yang bermanfaat agar bisa mendapatkan sejumlah manfaat yang baik bagi kesehatan fisik dan mental. Namun, terkadang kegiatan yang banyak membuat waktu untuk menjalankan hobi semakin berkurang, efeknya mungkin Anda jadi lebih jenuh atau bahkan bisa mengalami stres.

Sedangkan, menjalankan hobi yang bermanfaat ternyata mampu menstimulasi otak agar bisa berkembang. Tidak hanya berkembang terkait dengan pekerjaan, tetapi juga berkembang dalam menyeimbangkan pola hidup. Oleh karena itu, menjalankan hobi yang bermanfaat bisa berdampak positif bagi diri Anda sendiri.

Dilansir dari Kompas.com berikut alasan memiliki hobi diluar pekerjaan itu penting:

1. Memaksimalkan Produktivitas

Studi terhadap 400 karyawan yang diterbitkan Journal of Occupational and Organizational Psychology menemukan perbedaan paling signifikan antara orang yang punya hobi dan tidak. Mereka yang rutin melakukan hobi di luar pekerjaannya memiliki pemecahan masalah secara kreatif dalam berbagai proyek serta memiliki sikap yang lebih baik dalam pekerjaan. Penelitian lain juga menemukan bahwa pekerja yang punya hobi juga merasa lebih puas dengan pekerjaannya dan membuatnya tetap produktif dibandingkan yang tidak.

2. Menurunkan Stres

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Annals Behavioral Medicine, karyawan yang berpartisipasi dalam melakukan hobi memiliki suasana hati yang lebih positif. Mereka juga menunjukkan lebih banyak minat terarah, lebih sedikit stres dan detak jantung yang lebih rendah saat beraktivitas. Studi tersebut mengungkap bagaimana hobi dapat menghilangkan stres dan memberikan manfaat lebih seperti peningkatan fokus, lebih banyak kebahagiaan dan umur panjang. Salah satunya terbukti melalui studi lain yang melibatkan 1.400 orang dengan menemukan korelasi antara aktivitas menyenangkan dan kesehatan fisik. Sejumlah kegiatan rekreasional seperti membuat kerajinan tangan, merajut, memasak, hingga memainkan alat musik berkaitan dengan tekanan darah lebih stabil dan menunjang kesehatan fisik. Sementara itu, beberapa kegiatan seni seperti melukis atau menggambar memiliki manfaat dalam menghilangkan stres.

3. Meningkatkan Kesejahteraan

Meski pada awalnya menjalani hobi terlihat seperti membuang-buang waktu, namun sebenarnya hobi adalah investasi yang bagus untuk kesejahteraan dan umur panjang kita. Selain itu, hobi juga dapat menjadi usaha sampingan seperti hobi dalam merawat tanaman hias. Ketika tanaman Anda sudah banyak dan bisa dijual bisa menjadi pendapatan tambahan.

***

GN/FF

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1636 seconds