5 Alasan Pentingnya Perencanaan Bisnis untuk Pemula

Rabu, 15 Maret 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Bisnis untuk Pemula (Kumparan.com)

LINK UMKM -  Salah satu langkah penting yang perlu dilakukan oleh seorang pebisnis sebelum memulai bisnisnya yaitu membuat perencanaan bisnis atau business plan. Agar bisnis kamu bisa berjalan lancar dan sukses tentu kamu membutuhkan perencanaan yang matang. Pemilik bisnis dengan perencanaan melihat pertumbuhan 30% lebih cepat daripada mereka yang tidak memiliki business plan, dan 71% dari bisnis yang tumbuh cepat memiliki business plan.

Dilansir dari Kumparan.com menurut Hisrich dan Peter yang merupakan ahli dalam bidang kewirausahaan, menyebutkan bahwa bisnis plan adalah sebuah dokumen,yang menjadi hal yang penting sebelum memulai sebuah bisnis, dimana di dalamnya terdapat beberapa aspek external dan internal yang terkait dengan operasional usaha yang dijalankan.  Terdapat 5 alasan penting yang membuat rencana bisnis atau business plan menjadi suatu hal yang sangat penting untuk dimiliki setiap pengusaha atau pebisnis dalam menjalankan bisnis mereka. Yuk, kita simak penjelasannya berikut ini :

  1. Untuk Mengawali Sebuah Bisnis

Membuat rencana bisnis sedetail mungkin, semakin lengkap kamu membuat rencana bisnis maka akan semakin membuktikan bahwa bisnis kamu adalah bisnis yang terarah. Sehingga semakin mudah menjalankan roda bisnis. Dengan sebuah rencana bisnis yang baik, kesempatan dan peluang kamu untuk mengembangkan dan menumbuhkan bisnis akan semakin besar.

  1. Untuk Menetapkan Tujuan dan Tolok Ukur yang Lebih Baik

Tanpa rencana bisnis, tujuan bisa sering hilang arah tanpa banyak alasan kuat di baliknya. Memiliki rencana bisnis dapat membantu membuat tolok ukur tersebut lebih konsekuensial. Rencana ini juga dapat membantumu tetap bertanggung jawab terhadap visi dan strategi jangka panjang dan mendapatkan insight tentang bagaimana strategimu berjalan dari waktu ke waktu.

  1. Untuk Memahami Pasar Bisnismu dengan Lebih Luas

Memahami pasar bisnis sangat penting dengan membuat business plan dapat membantumu lebih memahami persaingan dan pasarmu secara lebih luas, menjelaskan tren dan preferensi konsumen, potensi gangguan, dan insight lain yang tidak selalu terlihat dengan jelas sebelumnya.

  1. Memberikan Peluang Sukses bagi Bisnis

Dengan adanya rencana anggaran serta target dari pemasaran tentu akan memudahkan kamu dalam memasarkan produk. Belum lagi dengan adanya rencana tersebut, maka segala keperluan anggaran akan jelas sehingga modal kamu dapat digunakan dengan sebaik baiknya.

Dengan adanya tujuan yang terarah, perencanaan anggaran dan pemasaran yang jelas tentu kamu bisa mendapatkan target bisnis dengan mudah.

  1. Untuk Mengurangi Risiko

Sebagai pengusaha, kamu pasti sadar kalau kamu berhadapan dengan risiko setiap hari. Risiko itu akan menjadi jauh lebih mudah dikelola jika ada rencana bisnis yang dibuat dengan baik. Menyusun proyeksi pendapatan dan pengeluaran, merancang aspek logistik dan rencana operasional, dan memahami pasar dan analisis kompetitif dapat membantu mengurangi faktor risiko. Memiliki business plan memungkinkanmu untuk membuat keputusan yang lebih baik dan memiliki pandangan yang paling jelas tentang masa depan perusahaanmu.

***

GN/LMP

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1159 seconds