Strategi Bundling untuk Meningkatkan Penjualan

Jumat, 10 Februari 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Penjualan Bundling (Freepik/Lifeforstock)

LINK UMKM -  Pada dasarnya bundling adalah suatu strategi pemasaran yang menggabungkan dua produk berbeda dalam satu paket promosi. Promosi ini lebih sering disebut sebagai promosi paket hemat yang umumnya muncul pada berbagai event-event tertentu seperti promo bulan Ramadhan, Lebaran, Imlek, Natal dan lainnya. Dengan menggunakan strategi product bundling, dapat membantu suatu perusahaan atau pedagang untuk bisa berbuat banyak dalam mengatur stock produk. Bahkan saat ini hampir setiap merk menggunakan strategi ini dan menawarkan pilihan paket kombo, atau bundle kepada kliennya berdasarkan kebutuhan dan preferensi.

Pelanggan membeli set seperti itu karena mereka membantu mereka menghemat uang dan mencoba produk baru dengan risiko rendah karena merek menggabungkan produk terlaris dengan barang dengan penjualan rendah. Dengan menggunakan teknik ini, perusahaan ataupun pedagang dapat meningkatkan nilai pesanan rata-rata. Sehingga memberikan pengaruh baik bagi omset penjualan dan pendapatan. Strategi pemasaran seperti ini akan mendorong konsumen untuk membeli lebih banyak produk dari brand yang sama. Sehingga akan meningkatkan penjualan produk yang kamu promosikan. Berikut ini terdapat Jenis-Jenis dari Product Bundling:

  1. Mixed Product Bundling

Mixed product bundling merupakan jenis yang paling umum ditemukan dari product bundling. Bundling seperti ini biasanya dilakukan dengan didasarkan pada produk yang seringkali dijual bersama berdasarkan historis data pesanan. Biasanya, mixed product bundling ini dilakukan dengan menggabungkan beberapa produk yang berdasarkan penggunaannya bisa digunakan konsumen secara bersamaan. Produk-produk tersebut, meskipun dapat dibeli terpisah, namun juga disediakan diskon atau potongan harga khusus jika pembelinya membeli secara bersamaan.

  1. Pure product bundling

Pure product bundling adalah jenis product bundling yang memastikan bahwa beberapa product bundling hanya bisa dibeli secara bersamaan. Dengan artian, pembeli tidak boleh melakukan pembelian produk yang ditawarkan secara terpisah. Masalahnya adalah pure bundling dirasa terlalu membatasi pilihan bagi pembeli untuk melakukan pembelian barang secara acak, yang seiring waktu dapat menyebabkan penurunan penjualan.

  1. Same product bundling

Same product bundling adalah cara yang paling bagus untuk menawarkan diskon saat pelanggan memesan beberapa produk yang sama secara sekaligus. Kebanyakan brand direct-to-consumer atau biasa dikenal juga dengan DTC yang menjual jenis produk esensial ataupun perawatan pribadi dinilai berhasil dengan baik menggunakan jenis strategi same product bundling ini. Jenis bundling ini juga dinilai mirip dengan model pembeli berlangganan. Paket produk yang sama dipersiapkan untuk memberi insentif kepada pelanggan tetap untuk pembelian dalam jumlah besar di muka. Hal ini dinilai lebih baik dibanding membayar untuk mengirimkan pesanan baru setiap saat.

***

GN/LMP

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1381 seconds