5 Soft Skill yang Perlu Kamu Miliki dalam Membangun Usaha

Kamis, 2 Februari 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Soft Skill (freepik/rawpixel.com

LINK UMKM -  Soft skill mungkin seringkali terdengar dalam berbagai perbincangan, banyak orang menilai soft skill sebagai hal penting yang akan sangat menentukan kesuksesan seseorang. Pendapat ini membuat banyak orang yang mulai menyadari pentingnya mempelajari soft skill dan menerapkannya dalam pekerjaan sehari-hari. Soft skill sangat penting terlebih di sektor usaha jasa pelayanan, retail, dan layanan publik. Namun kira-kira apa tujuan akhir dari penguasaan soft skill tersebut? Secara umum soft skill yang telah dipelajari dapat membantu seseorang bekerja dengan peforma yang stabil berkat kultur kerja yang telah terbentuk. Soft skill juga mampu memperluas peluang karir dan meningkatkan kemampuan-kemampuan non teknis serta mampu meningkatkan proses sharing-knowledge antar individu. Selanjutnya muncul pertanyaan, kira-kira apa saja soft skill yang perlu dikuasai agar sukses? Jawabannya mungkin bervariasi, tapi berikut rangkuman beberapa soft skill yang mungkin bisa kamu pelajari agar dapat meningkatkan kualitas diri.

  • Emotional Intelegence (EQ)

Emotional Intelegence atau yang lebih dikenal dengan EQ merupakan kemampuan individu untuk menyadari emosi yang dirasakan baik oleh diri sendiri maupun orang di sekitar. Mampu mengidetifikasi emosi beserta labelnya secara tepat serta mampu memanfatakan informasi-informasi tersebut dalam merangkai pola pikir dan bertindak. Kecerdasan emosinal mempengaruhi cara kita bertindak dan memutuskan pilihan hidup.

  • Kemauan untuk terus belajar

Kemauan untuk terus belajar mungkin dapat diterjemahkan sebagai kemauan dan kamampuan untuk terus belajar dari pengalaman dan kamampuan untuk mengaplikasikan apa hal-hal yang telah dipelajari agar dapat meningkatkan performa di berbagai situasi. Kemampuan ini membantu kita dalam memahami berbagai hal baru yang dialami dan belajar mengadaptasikan diri terhadap perubahan yang sewaktu-waktu terjadi.

  • Kolaborasi

Kolaborasi merupakan kerangka kerja yang terdiri proses pengambilan keputusan yang melibatkan berbagai individu yang bekerja sama dalam meraih satu tujuan yang sama. Kolaborasi dapat diidentifikasikan dengan sharing informasi yang transparan, komunikasi yang proaktif, serta forum yang terbuka dengan anggota yang bebas berkomunikasi, menyampaikan pendapat, bertanya serta memberikan saran atau kritik.

  • Critical thinking

Critikal thinking merupakan kemampuan untuk mengidentifikasi suatu isu, dilema, atau masalah secara tajam. Hal-hal tersebut dikupas dan dieksplor secara medalam untuk menemukan informasi-informasi relevan yang kemudian dapat dimanfaatkan dalam penyusunan solusi terhadap krisis yang sedang terjadi.

  • Akuntabilitas

Akuntabilitas dapat didefinisikan sebagai kemauan untuk menerima suatu tanggung jawab dan bertindak aktif mengemban tanggung jawab tersebut. Untuk mencapai hal ini diperlukan persetujuan dan kompromi untuk bisa mengemban tangung jawab tersebut. Ekspetasi serta visi yang jelas dibutuhkan agar dapat memberikan arah menuju tujuan dengan jelas.

***

GN/EBE

Komentar (1)

  • Febry fernandes

    3 Februari 2023 | 04:50:20 WIB

    Terima kasih ilmunya

    1 tahun lalu

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1769 seconds