Usaha Pensiunan Terbaik yang Bisa Kamu Terapkan

Minggu, 5 Februari 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Usaha di Masa Pensiun (Freepik)

LINK UMKM -  Pada kenyataannya masa pensiun tidak seenak apa yang orang katakan. Di masa pensiun dilema kehidupan bermunculan. Apalagi di umur yang sudah tidak lagi muda, kesempatan berkarir menipis sehingga menyebabkan seseorang tidak memiliki penghasilan.

          Saat tubuhmu mulai renta dan tidak lagi bekerja, bisnis atau usaha adalah jalan keluar untuk menopang kebutuhan hidup, selain investasi. Sebelum pensiun, tidak jarang beberapa orang menyiapkan unit usaha terlebih dahulu agar dapat menjadi sumber penghasilan sekaligus penghilang penat saat sudah berada di usia tidak produktif lagi. Tentu saja di usia sudah tidak muda tersebut diperlukan jenis usaha yang tidak memerlukan banyak tenaga.

          Agar lebih siap di masa pensiun nanti, tidak ada salahnya Sobat UMKM Brilian merintis atau menyiapkan hal-hal yang diperlukan untuk bisnis masa tua nanti, Tim LinkUMKM sudah merangkum beberapa bisnis setelah pensiun yang dapat Sobat UMKM Brilian geluti untuk menyambut hari-hari setelah tidak bekerja.

  1. Rumah Kost atau Kontrakan

Buat Sobat UMKM Brilian yang memiliki tempat tinggal di daerah perkotaaan yang dekat dengan kampus, gedung perkantoran atau tempat umum lainnya, kamu bisa mencoba bisnis rumah kost atau kontrakan. Walaupun memerlukan biaya yang tidak sedikit untuk membuat kamar dan merenovasi rumah untuk dijadikan kost atau kontrakan, tapi bisnis ini menjadi salah satu bisnis pensiun yang cukup menguntungkan. Apalagi semakin tahun harga sewa kost atau kontrakan semakin naik, khususnya di kota-kota besar.

  1. Bisnis Properti

Memulai bisnis di bidang properti bisa dijadikan sebagai pilihan yang tepat jika kamu telah menerima sejumlah tunjangan di masa pensiun yang cukup besar dan dibayarkan sekaligus oleh perusahaan tempat kamu bekerja. Dana pensiun tersebut bisa kamu alokasikan untuk memulai bisnis properti yang mungkin memerlukan sejumlah dana yang cukup besar. Namun jangan khawatir, karena bisnis properti akan sebanding dengan nilai investasi beserta keuntungan yang nanti kamu dapatkan.

  1. Bisnis Rental Kendaraan

Jika kamu memiliki kendaraan pribadi yang biasanya digunakan untuk alat transportasi pulang dan pergi bekerja dan sudah jarang digunakan, kamu bisa mengalihfungsikan kendaraan pribadi kamu untuk dijadikan bisnis rental.

  1. Bisnis Jasa Konsultan

Jika kamu seorang pensiunan yang berasal dari perusahaan keuangan atau pernah memiliki background pendidikan di bidang hukum, finance, perpajakan dan lain-lain. Kamu bisa memulai untuk membuka bisnis jasa konsultan profesional. Tidak terlalu membutuhkan modal yang banyak memang, tapi skill dan pengetahuan kamu akan diuji pada bisnis ini.

  1. Bisnis Toko Kelontong

Membuka bisnis toko kelontong sebelum masa pensiun tiba bisa kamu jadikan sebagai pilihan yang tepat, terutama jika kamu bisa menemukan lokasi tempat yang strategis dan ramai penduduk. Selain itu, toko kelontong juga memiliki peluang bisnis yang cukup bagus dan menjanjikan. Karena hampir setiap orang mencari berbagai macam kebutuhan pokok untuk dikonsumsi sehari-hari, jadi kemungkinan risiko kamu gagal untuk menjalankan bisnis ini sangatlah kecil.

***

GN/FF

Komentar (1)

  • Siti

    1 Februari 2023 | 08:54:39 WIB

    informasi yang sangat bagus untuk pensiunan

    1 tahun lalu

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1169 seconds