Simak Alasan UMKM Sulit Berkembang

Selasa, 31 Januari 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi UMKM (Freepik/odua)

LINK UMKM -  Bisa dikatakan jika Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia. Namun semua bisnis termasuk UMKM juga memiliki tantangan yang besar seperti memperkerjakan orang yang tepat, membangun merek dan masih banyak lagi yang lain.

Dilansir dari kumparan.com Berikut yang menjadi faktor utama mengapa UMKM sulit berkembang, antara lain:

  1. Kurang modal usaha dan investasi

Akses UMKM untuk memperoleh modal usaha dan investasi yang sulit menjadi salah satu penyebab UMKM sulit berkembang dan sudah diakui juga oleh pelaku usaha UMKM yang juga terjadi pada usaha besar sebab menjalankan dan mengembangkan usaha membutuhkan modal usaha serta investasi yang cukup.

  1. Pemasaran kurang

Banyak UMKM yang bisa membuat produk berkualitas sekaligus bersaing akan tetapi tidak bisa bertahan karena kesulitan dalam memasarkan produk. Masalah pemasaran sendiri menjadi salah satu masalah utama UMKM sehingga kesulitan untuk berkembang. Karena tidak bisa melakukan pemasaran dengan baik, maka tidak heran jika UMKM juga tidak bisa meningkatkan penjualan dan kapasitas produksinya sehingga akan stagnan.

  1. Pengetahuan terbatas

Biasanya, UMKM dijalankan oleh sumber daya manusia yang terbatas baik dalam jumlah atau pengetahuan sumber daya manusia yang menyebabkan UMKM kesulitan dalam berkembang. Pengetahuan menjadi kendala umum dari UMKM karena aspek operasional dari usaha tidak bisa berjalan dengan efektif dan efisien sebab pengetahuan dan pengalaman yang terbatas.

  1. Memiliki akutansi yang buruk

Seorang pelaku usaha juga tidak akan mampu mengendalikan bisnis dan mengembangkannya jika tidak mengerti apa yang sebenarnya sedang dilakukan. Ketika pelaku bisnis tidak benar benar menguasai tentang akuntansi, maka hal ini tentunya akan menghambat kemajuan dari bisnis yang sedang dilakukan dan bahkan bisa berdampak pada kerugian yang tidak sedikit.

  1. Kemampuan teknologi yang rendah

Sekarang ini, teknologi sudah berkembang dengan sangat pesat dan jelas berpengaruh dalam banyak hal termasuk juga pada pelaku UMKM. Perkembangan teknologi, internet dan juga sistem pengelolaan usaha semakin modern sehingga akan banyak orang yang menggunakannya. Apabila seorang pelaku usaha tidak mempunyai kemampuan dalam melakukan digital marketing atau IT, maka tentu akan berdampak negatif seperti salah satunya kesulitan untuk berkembang.

***

GN/WW

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1377 seconds