Tips Menjadi Reseller

Rabu, 25 Januari 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi reseller (Freepik/studioredcup)

LINK UMKM -  Punya bisnis sendiri menjadi hal yang paling dicita-citakan orang. Tapi banyak yang memulai bisnis terkendala dengan minimnya modal awal. Membangun bisnis dari awal biasanya membutuhkan modal yang besar. Namun terdapat salah satu alternatif cara untuk kamu yang ingin belajar memulai bisnis, kamu bisa mencoba bisnis reseller. Bisnis ini diminati karena tidak melakukan proses produksi, melainkan membeli dari supplier.

 

Reseller adalah seseorang atau bisnis yang membeli produk dari supplier atau pemasok dengan tujuan untuk menjual kembali. Bisnis ini tidak mengharuskan memiliki toko offline, kamu bisa menjualnya secara online lewat e-commerce, website ataupun media sosial.

 

Melansir dari investor.id berikut tips menjadi reseller sukses, yang bisa dicoba di rumah,

1. Menjual barang yang banyak diminati atau laku keras di pasaran

Pilih barang yang sedang banyak diminati atau laku keras di pasaran. Bisa dimulai dari survei pasar dan mencari tahu barang yang sedang viral di masyarakat dan harus dimanfaatkan dengan menjual kembali.

2. Pilih supplier dari tangan pertama

Hal ini sangat krusial, karena untuk meminimalisir harga yang mahal. Sebab, produk yang dijual dari supplier tangan pertama akan jauh lebih murah. Hal ini akan menguntungkan untuk menentukan harga jual kembali dan kualitas barang yang dijual.

3. Pastikan kualitas selalu terjamin

memastikan produk yang dipilih memiliki kualitas layak jual dan berkualita baik. Sebab, reseller yang berhubungan langsung dengan konsumen. Jika produk buruk akan mempertaruhkan reputasi yang sudah susah payah di bangun. Sebagai reseller, harus konsisten menawarkan kualitas terbaik, sehingga bisnis yang dijalankan nantinya akan semakin berkembang.

4. Membuat branding untuk menarik konsumen

Manfaatkan internet dan media sosial untuk berjualan, sebab branding memiliki arti yang sangat penting dalam dunia online shop. Dengan branding yang baik, mampu menarik konsumen untuk berbelanja, meski produk yang dijual banyak kompetitor. Selain itu, akan menimbulkan brand awareness dari calon konsumen.

5. Mengutamakan kepuasan konsumen

Menjajakan barang yang dijual, setiap bisnis juga wajib untuk memperhatikan kepuasan konsumen, termasuk para pebisnis online atau reseller. Meskipun tak secara langsung bertemu konsumen, wajib memperhatikan kepuasan konsumen. Dengan menawarkan produk berkualitas terbaik. Juga bisa memberikan diskon dan promo menarik.

 

Nah itu dia tips menjadi reseller yang baik, kuncinya harus berani memulai, kualitas produk yang utama dan pantang menyerah.

***

GN/PTH

Komentar (0)