Rujak Buah yang Bermanfaat Untuk Ibu Hamil

Kamis, 19 Januari 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi rujak buah (Freepik/Edgunn)

LINK UMKM -  Rujak buah adalah perpaduan antara buah-buahan setengah matang dan matang digabung dengan bumbu kacang. Rasa rujak buah sangat beragam dari manis, asin, asam, dan pedas. Rujak buah ini menjadi makanan yang disukai oleh berbagai kalangan orang.

 

Rujak buah ini ternyata bermanfaat untuk ibu hamil juga lho. Melansir dari kompas.com berikut ini beberapa manfaat rujak untuk ibu hamil berdasarkan buah yang menjadi bahan pokoknya.

  • Mangga

Rasa yang asam dan manisnya membuat buah ini paling sering dicari untuk dijadikan sebagai rujak. Di dalam satu buah mangga, terdapat 100 kalori dengan kandungan vitamin A, B, C, K, folat serta kalium. dengan memakan dalam jumlah yang tepat, maka kebutuhan gizi harian ibu hamil bisa dipenuhi.

  • Nanas

Buah satu ini mengandung 82 kalori, vitamin A dan C, Kalium dan cat besi. Di dalam nanas pun terdapat enzim bromelain yang berfungsi untuk mempersingkat pemecahan makanan di dalam tubuh. Enzim ini disinyalir dapat membantu mengurangi sensasi mual pada ibu hamil ketika pada trimester pertama kehamilan.

  • Bengkuang

Memiliki kalori rendah. Kandungan vitamin C dalam bengkuang membuatnya memiliki efek antioksidan yang sangat baik untuk menangkal dampak buruk radikal bebas. Selain itu mengandung pula kalium, kalsium serta protein.

  • Jambu air

ada 46 kalori pada buah jambu air. Buah ini memiliki kandungan protein,  lemak, fosfor, zat besi dan vitamin C.

 

Eits, tapi pada waktu sebelum mengkonsumsi rujak buah perlu diperhatikan beberapa hal:

  • Jangan pakai cabai terlalu banyak

Pastikan tidak memakai cabai terlalu banyak. Makanan yang terlalu pedas akan menyebabkan asam lambung meningkat, juga berpotensi diare.

  • Cuci buah untuk rujak menggunakan air bersih dan mengalir

Ibu hamil adalah golongan orang yang rentan terkena penyakit. Oleh karena itu, penting sekali memperhatikan apa saja yang dimakan. Saat hendak mengkonsumsi rujak, pastikan buah-buahan yang dipakai sudah dicuci hingga bersih dengan air yang mengalir, hal ini untuk menghindari kontaminasi kuman dan bakteri.

***

GN/PTH

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1528 seconds