Dibalik Kulit Mangga yang Bermanfaat

Senin, 23 Januari 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Dibalik Kulit Mangga yang Bermanfaat (freepik/jcomp)

LINK UMKM -  Cuaca yang panas seperti sekarang ini paling enak memang buat rujak. Selain rasanya yang manis dan asam, rujak juga dapat menambah rasa segar ketika dimakan. Rujak adalah makanan yang dibuat dari perpaduan buah-buahan dan bumbu kacang.

Buah-buahan yang digunakan bisa memakai mangga, jambu air, pepaya, nanas, kedondong dan lainnya. Nah Sobat LinkUMKM ketika selesai mengupas mangga sisa kulitnya jangan langsung dibuang ya, karena ternyata kulit buah mangga ini banyak mengandung manfaat lho.

Melansir dari hallosehat.com, penelitian menunjukkan bahwa kulit mangga kaya akan polifenol, karotenoid, serat, vitamin C, dan berbagai senyawa bermanfaat lainnya. Selain itu, ditemukan fakta bahwa ekstrak dari kulit mangga ini memiliki sifat antioksidan dan antikanker yang lebih kuat daripada ekstrak daging mangga.

Namun, perlu juga melihat sisi lainnya ada juga efek samping yang diperoleh saat memakan kulit mangga seperti, menyebabkan reaksi alergi karena mengandung urushiol berdasarkan penelitian yang diterbitkan di Contact Dermatitis Environmental Occupational Dermatitis akibatnya bisa menyebabkan reaksi alergi pada sebagian orang terutama yang sensitif terhadap tanaman yang mengandung urushiol.

Jika ingin tetap makan kulit mangga, bisa memakannya dengan cara memotong buah tanpa mengupas kulitnya dengan catatan sudah dicuci terlebih dahulu dengan air dan pembersih khusus buah dan sayuran.

***

GN/PTH

Komentar (1)

  • stevanus adrianto

    23 Januari 2023 | 22:40:52 WIB

    Mangga mah bukan nya silahkan yaaa Punten mangga _/bb_

    1 tahun lalu

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1453 seconds