5 Rahasia agar Produk Kamu Gak Ditolak Konsumen

Jumat, 20 Januari 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Foto Usaha. (Freepik/Tirachardz)

LINK UMKM -  Penjualan merupakan kegiatan ekonomi yang menjadi elemen penting dalam berbisnis, tak terkecuali UMKM. Dilansir dari KOMPAS.com, menurut William G. Nickels dalam buku Understanding Business (1998), penjualan adalah proses ketika penjual memuaskan segala kebutuhan dan keinginan pembeli agar dapat tercapai manfaat bagi keduanya.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk pelaku UMKM untuk menjual produk. Salah satunya dengan cara memasukkan produk di retail-retail modern. Berikut beberapa tips yang berguna dalam melakukan penjualan untuk mengurangi resiko penolakan dari calon konsumen, antara lain :

  1. Menemukan Konsumen

Sebelum kamu melakukan penjualan, diperlukannya mengidentifikasi pasar dari produk yang dijual. Dengan demikian, kamu bisa menargetkan konsumen ideal, mengidentifikasi peluang pasar baru, dan meningkatkan efektivitas penjualan.

  1. Merencanakan Pendekatan

Langkah selanjutnya ialah merencanakan pendekatan. Pastikan bahwa pendekatan dilakukan dengan penuh kredibilitas dan kehati-hatian sehingga calon konsumen memiliki pengalaman serta ekspektasi yang baik terhadap produk.

  1. Melakukan Pendekatan Kepada Calon Konsumen

Langkah selanjutnya ialah mengeksekusi. Dekati calon konsumen dengan santai, agar konsumen pun nyaman, namun kamu harus tetap percaya diri. Jangan lupa untuk menggunakan bahasa tubuh dan ekspresi wajah yang penuh sopan santun. Jangan menghabiskan waktu calon konsumen dengan pembahasan yang berlebihan dan bertele-tele. Sebaiknya, lakukan pendekatan dengan cepat ke intinya.

  1. Mendengarkan Kebutuhan Mereka

Langkah selanjutnya ialah mendengarkan kebutuhan mereka. Maka dari itu, dengarkan segala pertanyaan, kebutuhan, dan keinginan yang calon konsumen sampaikan. Jika sudah, konfirmasikan kembali apa yang sudah dikatakan sehingga konsumen merasa dihargai.

  1. Memilih Produk atau Layanan yang Sesuai

Langkah selanjutnya ialah memberikan pilihan produk atau layanan yang sesuai bagi calon konsumen. Pertimbangkan langkah ini berdasarkan keinginan dan kebutuhan mereka.

  1. Mengevaluasi

Evaluasi adalah langkah esensial yang harus dilakukan agar pencapaian dalam penjualan dapat diketahui. Kumpulkan informasi seputar kendala, tantangan, dan kesuksesan penjualan produk. Jika sudah, pertimbangkan apa yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penjualan yang lebih baik ke depannya.

***

GN/WW

Komentar (1)

  • Suryanita Wulandari

    5 Januari 2023 | 14:21:26 WIB

    Penting nih untuk mulai usaha harus melihat peluang usaha dl, terima kasih infonya linkumkm

    1 tahun lalu

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1183 seconds