Yuk Kenalan dengan Buah Unik Kaya Vitamin Asli Indonesia

Selasa, 3 Januari 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Buah Gandaria (Freepik/homrak)

LINK UMKM -  

Cara menjaga tubuh tetap sehat diawal tahun ini adalah dengan memakan makanan yang mengandung vitamin dan nutrisi. Salah satu makanan dengan kandungan vitamin nutrisi yang baik bagi tubuh adalah buah-buahan seperti jeruk, apel, nanas, pepaya, mangga dan sebagainya. Buah-buahan itu biasanya diimpor dari luar karena memiliki kualitas dan rasa yang enak.

 

Tak kalah dengan buah-buahan impor tadi ada juga buah asli indonesia yang unik dan belum kita tahu. Melansir dari bergelora.com, berikut daftar 10 buah unik Indonesia dengan kasiatnya yang luar biasa:

1. Lobi-lobi

Buah asli Indonesia ini mungkin tidak semua orang pernah mendengarnya. Buah lobi-lobi ini biasanya tumbuh liar di area kebun atau rumput dan juga dekat danau tropis di daerah Sumatra. Buah lobi-lobi ini memiliki warna merah tua yang sangat cantik, tapi rasanya sedikit masam bahkan sepat. Buah ini sangat banyak manfaat karena kaya akan kandungan antioksidan seperti fenol dan flavonoid yang berguna untuk menangkal radikal bebas berbahaya dan juga mengandung vitamin mineral yang bagus untuk kesehatan yang membantu mengatasi diare, kencing darah, lemah ginjal hingga diabetes dan kanker.

2. Buah Gandaria

Buah gandaria termasuk salah satu buah yangsangat sulit ditemukan. Memiliki bentuk bulat seperti bola dengan warna hijau kekuningan, biasanya buah gandaria ini digunakan untuk rujak karena rasanya yang manis tapi asam. Bahkan kata orang rasa buah ini perpaduan dari mangga dan jeruk yang menjadi satu.

3. Buah Buni

Memiliki nama latin Antidesma bunius (L.) Spreng, buah buni memiliki tinggi pohon mencapai 30 meter. Tidak heran kalau kayu buah satu ini cukup sering digunakan untuk bahan bangunan. Tekstur buah buni juga cocok untuk dijadikan rujak, anggur, teh atau selai. Banyak kandungan gizi dan fitonutrien yang dimiliki buah buni, seperti vitamin A, B1, C dan E juga mineral, zat besi, fosfor dan kalium.

4. Buah Kelubi

Buah kelubi sering ditemukan di pulau Sumatera, tepatnya di daerah Bangka, Riau, Jambi, dan Lampung. Tak hanya di Sumatera, kita juga bisa menemukan buah kelubi di Kalimantan Timur. Buah kelubi dicirikan dengan ukurannya yang kecil dengan diameter 3-5 cm dan umumnya buah ini berkelompok sekitar 300-400 buah dalam satu tandan. Buah unik ini biasanya digunakan sebagai campuran sambal terasi atau manisan asinan.

5. Buah Manau

Memiliki bentuk seperti buah salak yang bersisik, namun buah unik satu ini juga berbentuk oval dengan ukuran lebih kecil. Disebut pula buah ngenau, buah ini sangat langka walau tumbuh liar. Rasanya tidak manis tapi lebih sepat dan pahit, sehingga membuat banyak orang mencarinya untuk pengobatan dan asinan. Terutama masyarakat Dayak sangat menyukai asinan buah Manau.

6. Buah Delima

Buah ini memang sangat populer sejak dulu walau memiliki rasa yang asam. Buah punica granatum juga memiliki manfaat yang sangat banyak. Mulai dari melancarkan sistem pencernaan karena vitamin C yang dimilikinya, mencegah penyakit jantung, mencegah kanker, menyembuhkan penyakit ginjal, mengurangi kolesterol jahat dan mengurangi risiko penyakit radang sendi.

7. Buah Lahung

Banyak yang mengira kalau buah ini adalah buah durian, namun kenyataannya berbeda. bentuknya sangat mirip dengan durian dan punya wangi yang serupa. Tapi, kulit dan durinya jauh lebih kehitaman, dagingnya juga lebih tebal dan berlemak. Buah ini termasuk buah langka karena cuma ada di wilayah Kalimantan hingga ke wilayah Sabah Malaysia.

8. Buah Bisbul

Buah ini banyak sekali tumbuh di daerah Bogor dan bahkan disebut sebagai buah khas Bogor. Buah bisbul ini juga dikenal dengan sebutan buah mentega. Rasa buah ini sangat manis dengan warna merah dengan bulu ciri khasnya. Buah ini sangat cocok untuk menjaga kesehatan tulang, mendukung hormon, menjaga sirkulasi yang baik dalam darah, menjaga kesehatan pencernaan dan pernapasan serta menjaga sistem kekebalan tubuh.

9. Buah Kecapi

Buah ini memiliki rasa yang manis sedikit asam dengan dagingnya yang halus dan lezat. Buah ini kaya akan sumber mineral yang berguna untuk obat sakit perut atau demam, serta untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

10. Buah Matoa

Buah matoa adalah buah unik Indonesia dari tanah paling timur Indonesia yaitu Papua. Rasanya sangat lezat dan segar, seperti perpaduan kelengkeng dan rambutan. Mengingat buah matoa ini sangat langka dan sulit didapatkan, tidak heran kalau buah ini sangat mahal, sekilonya saja bisa mencapai 80-160 ribu rupiah.

***

GN/PTH

Komentar (1)

  • Roni Abdullah

    5 Januari 2023 | 09:47:35 WIB

    unik-unik sekali ya buah-buahannya

    1 tahun lalu

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1505 seconds