Pentingnya Return On Investment bagi UMKM

Sabtu, 9 September 2023 | 08:51 WIB

Ilustrasi Return Of Investment (Freepik/Eamesbot)

LINK UMKM -  ROI atau Return on investment adalah istilah yang mengacu pada rasio atau persentase mengenai efisiensi manajemen bisnis. Pengukuran rasio ROI ini biasanya ditujukkan untuk nilai atas suatu profit investasi maupun biayanya. Pemakaian Return on investment ini sangatlah umum, mengingat konsep perhitungannya yang begitu sederhana.

Perusahaan atau UMKM di Indonesia harus paham mengenai perhitungan profit yang didapat. Termasuk juga perhitungan lain terkait kegiatan dan pengambilan keputusan.

Lalu apa saja faktor dan pentingnya Return On Investment, terutama untuk Anda sebagai pelaku UMKM? Mari simak artikel yang dilansir dari kompas.com berikut ini!

Pentingnya ROI bagi bisnis, terutama UMKM

Didalam bisnis, penerapan Return On Investment ini sangatlah penting. Khususnya bagi UMKM di Indonesia yang telah menjalankan manajemen akuntansi dengan baik. Pentingnya ROI ini dapat Anda perhatikan melalui informasi berikut.

  1. Dapat mengukur efisiensi atas pemanfaatan modal, dana produksi, serta efisiensinya di bidang penjualan.
  2. Perusahaan dapat menganalisa Return of Investment terkait pemanfaatan dana modal perusahaan dengan perbandingan perusahaan lain. Dengan begini, pemilik usaha akan mengetahui data perusahaan. Apakah perusahaan tersebut ada di bawahnya, sama, atau justru berada di atas rata-rata.
  3. Analisa juga dapat dilakukan sebagai pengukuran atas efisiensi suatu keputusan yang diambil. Hal ini terkait keputusan apa yang dilakukan divisi Sehingga seluruh modal atau biaya lain bisa diinvestasikan ke divisi tersebut.
  4. Sistem Return of Investment bisa digunakan untuk perhitungan keuntungan atas pembelian aset operasional perusahaan. Contohnya saja meliputi pendirian cabang baru, pembelian peralatan dan kendaraan baru, serta aset perusahaan lainnya.
  5. Pengukuran profitabilitas atau keuntungan dari setiap produk yang berhasil dikeluarkan dan diterima di pasaran.
  6. Sebagai kontrol dan perencanaan dasar atas suatu pengambilan keputusan. Misalkan saja ketika dilakukannya ekspansi.

Faktor yang berpengaruh dalam ROI

Return of Investment juga dipengaruhi oleh 2 faktor penting, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Tingkat keuntungan

Faktor ini merupakan pengukuran atas tingkatan profit yang berhasil didapatkan dari hasil penjualan. Dalam meningkatkan rasio, tentu diperlukan tingkat keuntungan yang lebih tinggi. Hal ini erat kaitannya dengan profit bisnis di bagian produksi, penjualan dan juga administrasi.

  1. Perputaran Aset

Faktor ini penting dalam kegiatan operasional UMKM di Indonesia, yang dilakukan dengan meningkatkan tingkat perputaran aset.

***

GN/BS

Komentar (2)

  • LinkUMKM Luna

    4 Januari 2023 | 10:42:30 WIB

    terima kasihhh

    1 tahun lalu

  • Anwar Mang AWAW Jahit

    29 Desember 2022 | 13:08:47 WIB

    Terimakasih wawasannya

    1 tahun lalu

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1395 seconds