Tips Kunci untuk Membangun Brand Identity bagi UMKM

Selasa, 12 September 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Brand Identity (Freepik/Zaozaa09)

LINK UMKM -  Brand identity merupakan suatu aspek penting bagi sebuah bisnis, termasuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Masih banyak pelaku UMKM yang merasa bahwa brand identity tidak penting dan membuat kemasan tanpa meliputi penyampaian karakter, nilai produk sebuah bisnis agar dikenal oleh konsumen melalui aspek warna, simbol dan sebagainya. Padahal, branding sangat penting dilakukan untuk menarik hati konsumen sehingga melirik usaha atau produk yang dijual.

Dilansir dari kompas.com Membangun Brand Image menjadi kunci penting agar bisnis kamu tetap bisa bertahan di dalam lingkungan persaingan bisnis. Cara terbaik untuk membangun dan memelihara Brand Image secara efektif adalah melalui pendekatan dengan menggabungkan unsur berbagai instrumen media sebagai objek dalam ekosistem digital atau online dengan kiat pemasaran kamu sebagai subjeknya. Apa saja sih tipsnya untuk membangun brand identity yang baik? Berikut beberapa tipsnya.

  1. Membangun Brand Identity lewat Keunikan Bisnis

Dengan menciptakan produk yang unik, baru dan berbeda dari komppetitor agar mudah diingat dan memiliki kesan yang berbeda dari brand lainnya. Kamu bisa membuatnya melalui gambar yang iconic, slogan yang mudah diingat dan menarik. Kamu juga harus bisa membuat konsumen merasakan kesan pertama yang baik dan mudah mengingat brand. Tujuannya agar pencapaian target pasar benar-benar terpenuhi bahkan berkembang dengan cepat.

  1. Perhatikan Brand Identity sampai Detail Terkecil

Dalam membangun brand identity perlu untuk memperhatikan komponen-komponen kecil dalam seperti penggunaan warna, bentuk logo, dan hal lain semacamnya tidak terlalu berpengaruh. Meskipun komponen-komponen kecil ini tidak begitu terlihat, tapi hal tersebut dapat membantu membangun brand yang kuat.

  1. Menentukan Nama Brand

Nama brand akan mempengaruhi bentuk logo, tampilan produk, cara pemasaran, dan pendaftaran merek bisnis. Maka, dalam menentukan nama brand perlu dipertimbangkan denga baik agar konsumen tertarik.

  1. Membuat Slogan

Slogan memiliki peranan penting dalam membangun brand identity. Slogan dapat menguatkan identitas dari bisnis yang kamu jalankan. Selain itu, slogan juga bisa menjadi alat deskripsi dari brand itu sendiri. Sehingga dapat menarik perhatian dari konsumen.

  1. Menampilkan Ruang Produksi yang Terbuka

Membangun ruang produksi secara terbuka menjadi salah satu cara untuk membangun branding UMKM. Hal ini dapat menarik minat pelanggan untuk membeli produk kamu, karena dengan ruang produksi terbuka dapat menunjukkan keaslian produk, memberikan informasi dan pengetahuan tentang produk pada konsumen secara langsung. Selain itu, hal ini juga membuktikan bahwa produk tersebut memang benar-benar diproduksi sendiri.

***

GN/LMP

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1473 seconds