Ini 4 Khasiat Tomat yang Jarang Diketahui

Rabu, 23 November 2022 | 08:00 WIB

Ilustrasi Foto Tomat. (Freepik/pch.vector)

LINK UMKM -  Tomat adalah buah kecil kaya nutrisi yang memiliki banyak manfaat untuk berbagai masalah kulit, dari mengangkat sel kulit mati hingga mencegah kanker. Tomat merupakan salah satu buah yang memiliki banyak kandungan vitamin yang baik bagi tubuh, seperti vitamin C, K1, K, B9 (folat), B, dan kalium. Selain itu, tomat juga memiliki senyawa anti antioksidan yang berguna untuk kesehatan seperti naringenin, asam klorogenik, klorofil, likopen, beta karoten, dan karotenoid.

Meski kebanyakan tomat perlu dimasak terlebih dahulu sebelum dimakan, ada pula jenis yang bisa langsung dikonsumsi mentah-mentah. Sebagai contoh adalah tomat apel yang memiliki rasa manis dan mengandung banyak air. Dengan banyaknya kandungan vitamin yang berkhasiat bagi tubuh, berikut ini terdapat 4 khasiat tomat yang jarang diketahui yang dilansir dari Kompas.com:

  1. Menjaga kesehatan jantung

Buah tomat mengandung serat, kalium, vitamin C, dan kolin dapat menunjang manfaat tomat untuk kesehatan tubuh terutama bagian jantung. Manfaat makan tomat sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung, termasuk mencegah serangan jantung dan stroke.

  1. Meningkatkan Penglihatan

Likopen sangat bagus untuk mata karena mengandung lutein dan beta-karoten juga. Menurut penelitian, nutrisi tersebut mendukung penglihatan dan melindungi dari kondisi mata termasuk katarak dan degenerasi makula.

  1. Membantu Menjaga Kadar Diabetes

Tomat dapat menjadi makanan pelindung bagi penderita diabetes tipe 2. Dari studi yang dipublikasikan oleh NIH, penderita diabetes yang makan tomat selama 30 hari. Mereka mengalami penurunan peroksidasi lipid, reaksi berantai di mana zat yang disebut radikal bebas menyerang lemak, yang menyebabkan kerusakan pada jantung. Reaksi ini sangat penting, karena diabetes bisa melipatgandakan stroke dan serangan jantung. Manfaat makan tomat akan membantu mengurangi risiko tersebut.

  1. Mencegah Kanker

Studi observasi mencatat hubungan antara manfaat makan tomat mentah dan olahan tomat, mengurangi risiko kanker prostat, paru-paru, dan perut. Sementara kandungan likopen yang tinggi diyakini berperan penting atas hal itu. Sebuah penelitian pada wanita, menunjukkan bahwa konsentrasi tinggi karotenoid yang ditemukan dalam jumlah tinggi pada tomat, mampu melindungi dari kanker payudara.

***

GN/LMP

Komentar (1)

  • Tiara Laraswati

    28 November 2022 | 11:01:33 WIB

    bermanfaat banget infonya

    1 tahun lalu

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1319 seconds