Resep Wedang Jahe Untuk Penghangat Tubuh di Musim Hujan

Rabu, 23 November 2022 | 08:00 WIB

Ilustrasi Foto Wedang Jahe. (Freepik/vectorpocket)

LINK UMKM -  Saat musim hujan seperti sekarang ini, minuman yang hangat sekaligus menghangatkan tubuh memang sangat diperlukan dan juga minuman yang kaya nutrisi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Wedang Jahe adalah salah satu minuman tradisional yang mempunyai manfaat untuk kesehatan. Jahe memiliki kandungan sarat dengan antioksidan dan senyawa yang dapat mencegah stres dan kerusakan DNA tubuh, serta melawan penyakit kronis seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan penyakit paru-paru. Untuk memperoleh manfaat tersebut, beberapa orang mengolah jahe sebagai minuman hangat yaitu menjadi wedang jahe.

Cara membuat wedang jahe cukup simple dan mudah, kamu hanya perlu menggabungkan semua rempah-rempah, lalu merebusnya hingga matang. Bahan-bahan yang diperlukan juga sangat mudah didapatkan.  Berikut ini kami telah mengutip dari laman fimela.com, Resep dan cara membuat Wedang Jahe yang bagus untuk penghangat tubuh sebagai berikut:

Bahan

  • 2 rimpang jahe (cuci bersih, memarkan atau geprek)
  • 2 gelas air
  • 7 cm kayu manis
  • Madu (secukupnya)
  • 1 batang serai (memarkan)

Cara Membuat

  1. Siapkan semua bahan, rebus air hingga mendidih bersama jahe, batang serai dan kayu manis di atas api sedang kira-kira selama 15 menit.
  2. Jika sudah mendidih, angkat, tuang ke dalam gelas saji. 
  3. Tambahkan madu secukupnya agar rasanya semakin nikmat. 
  4. Sajikan wedang jahe bersama kue kering atau camilan sehat kacang bawang.

Sajian menyehatkan ini bisa disajikan saat sore atau malam hari saat menikmati waktu istirahat. Tak hanya nikmat, nutrisi sehatnya bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah flu, mengobati sakit kepala hingga menurunkan berat badan.

***

GN/LMP

Komentar (0)