Simak Beberapa Jenis Makanan Yang Tidak Bisa Dikonsumsi Bersama Dengan Kopi

Selasa, 22 November 2022 | 08:00 WIB

Ilustrasi Foto Makanan. (Freepik)

LINK UMKM -  Beberapa jenis makanan tidak bisa dikonsumsi bersamaan dengan kopi, dikarenakan dapat mengandung kemampuan tubuh untuk menyerap mineral dan zat besi.

Para pecinta kopi tentu tidak akan pernah melewatkan secangkir kopinya, baik sebelum memulai hari maupun sebagai teman bekerja hingga larut malam. Bahkan minum kopi sudah menjadi tradisi tersendiri.

Minum kopi dengan makanan dapat mengurangi penyerapan zat besi hingga 80 persen sekaligus mengurangi penyerapan mineral seperti zink, magnesium, dan kalsium.

Berikut adalah makanan yang tidak bisa dikonsumsi bersama dengan kopi yang dilansir dari Kompas.com, antara lain :

  1. Kacang-Kacangan

Kafein mengandung zat yang disebut tannin. Untuk memastikannya, dapat memperoleh zat besi yang cukup, jangan mengkonsumsi kacang-kacangan sebelum minum kopi.

  1. Jamur

Kafein memiliki dampak negative pada kadar vitamin D. Salah satu makanan dengan sumber vitamin D yang baik adalah jamur. Jika ingin menjaga vitamin tersebut, jangan minum kopi setelahnya.

  1. Susu dan Produk Olahannya

Susu, keju, dan beberapa produk olahan lainnya yang diketahui memiliki protein yang tinggi kalsium. Kafein dapat membuat tubuh mengeluarkan kalsium lebih banyak melalui urine.

  1. Salmon

Salmon tidak disarankan untuk dimakan sebelum segelas kopi. Kandungan tanat pada kopi membentuk ikatan dengan mineral di dalam makanan. Ikatan ini sulit untuk dipecah.

  1. Makanan Berlemak Tinggi

Sebuah studi baru telah mengungkapkan bahwa tidak hanya kadar gula darah orang yang sehat melonjak setelah makan makanan berlemak tinggi, tetapi lonjakan itu berlipat ganda setelah makan makanan berlemak dan kopi berkafein. 

***

GN/WW

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1362 seconds