Kamu Menderita Penyakit Asam Lambung? Hindari 4 Minuman Ini

Selasa, 22 November 2022 | 08:00 WIB

Ilustrasi Foto Penderita GERD. (Freepik/macrovector)

LINK UMKM -  Penyakit asam lambung akut adalah penyakit yang terjadi pada pencernaan manusia. penyakit ini biasa disebut Gerd (Gastroesophageal Refluk Disease) ialah istilah yang digunakan untuk menggambarkan suatu perubahan mukosa yang diakibatkan oleh gangguan sistem saluran pencernaan yang di mana asam lambung dan isi perut mengalir kembali ke kerongkongan.

Apabila Gerd kamu kambuh, kamu dapat melakukan beberapa hal berikut :

  • Menurunkan berat badan, jika memiliki berat badan yang berlebih
  • Tidak merokok
  • Meninggikan kepala saat tidur
  • Tidak berbaring atau tidur setidaknya dalam waktu 2-3 jam setelah makan

Berikut adalah minuman yang harus penderita asam lambung hindari yang dilansir dari Kompas.com, antara lain :

  1. Beberapa Jenis Jus

Jus lemon, jus jeru, jus anggur, dan lain-lain. Hindari beberapa jus yang mengandung asam sitrat yang dapat mengiritasi kerongkongan. Jika penderita reluks asam, makanan dengan asam sitrat bisa masuk kembali ke kerongkongan dan menyebabkan kerusakan.

  1. Kopi

Kopi dapat merangsang peningkatan sekresi asam lambung, yang membuat lebih mungkin naik ke kerongkongan. Minuman kafein ini terkait dengan peningkatan gejala refluks bila dibandingkan dengan asupan minuman lain.

  1. Alkohol

Alkohol berdampak negative pada refluks asam. Konsumsi alkohol yang berlebihan bisa menjadi faktor risiko untuk mengembangkan Gerd dan bisa menyebabkan kerusakan mukosa di lambung dan kerongkongan.

  1. Soda

Minuman bersoda dapat merangsang peningkatan sekresi asam lambung yang membuat lebih mungkin naik ke kerongkongan. Ini membuat gejala refluks asam meningkat.

***

GN/WW

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1398 seconds