Yuk Disimak Tips Mendesain Logo Usaha!

Senin, 21 November 2022 | 08:00 WIB

Ilustrasi Logo Usaha. (Freepik / Rawpixel.com)

LINK UMKM -  Salah satu cara termudah mengidentifikasi sebuah usaha ialah dengan melihat loo usahanya. Loga suatu usaha atau brand merupakan refleksi dari perusahaan tersebut, pemilihan bentuk, warna, jenis huruf, hingga ornamen-ornamen pada logo menggambarkan perusahaan atau brand tersebut. Logo menjadi bagian daari identitas suatu perusahaan atau brand, bahkan saking ikoniknya beberapa logo, brand atau perusahaan lebih dikenal karena logonya terebut. Kekuatan suatu logo terlihat dari seberapa familiarnya masyarakat terhadap logo terebut, beberapa brand ternama bahkan hanya perlu menampilkan logonya saja tanpa perlu penjelasan tambahan lain untuk menunjukkan seberapa kuat brand awarness masyarakat terhadap brand tersebut. Pentingnya keberadaan logo bagi suatu brand atau perusahaan membuat logo harus didesain sehingga mampu merepresentasikan brand atau perusahaan sebaik mungkin. Oleh karena itu dalam mendesain logo brand atau perusahaan terdapat beberapa tips yang perlu diterapkan agar hasil desainnya sesuai harapan yang dilansir dari Kompas.com, beberapa tips tersebut antara lain.

  • Simple

Logo brand atau perusahaan sebaiknya didesain simple agar mudah dikenali dan dapat ditempatkan di berbagai situasi. Simpel bukan berarti logo didesain apa adanya, sekedar ada saja tetapi yang dimaksudkan dengan simpel adalah logo didesain agar terlihat clean tanpa banyak atribut-atribut tambahan yang justru mengganggu nilai estetika dan tidak berhubungan dengan identitas brand atau perusahaan yang terefleksikan pada logo tersebut.

  • Memorable

Logo yang efektif juga harus memiliki desain yang mudah diingat sehingga elemen unik menjadi salah satu hal yang penting untuk ada pada logo. Keunikan logo tersebut harus dijaga agar tidak sampai berlebihan dan malah membuat logo jadi terlihat aneh, logoo juga sebisa mungkin tidak terlihat membaur ketika berada di antara logo-logo lainnya.

  • Timeless

Logo yang efektif juga harus memiliki deain yang tak termakan waktu, artinya logo sebisa mungkin harus bisa relevan setidaknya 10 tahun ke depan. Logo brand atau logo harus memiliki desain yang tidak ketinggalan zaman, setidaknya desain logo keliatan fresh sesuai dengan trend yang ada.

  • Menembus batas

Logo yang bagus juga harus mampu tampil di setiap situasi dan media apapun, terkadang logo didesain khusus untuk digunakan pada medium tertentu sehingga ketika dipasang atau ditampilkan di medium berbeda jadi terlihat kurang cagus. Oleh karena itu logo harus bisa diaplikasikan pada berbaga medium dengan ukuran dan warna yang berbeda-beda sesuai kebutuhan yang ada.

  • Tepat Sasaran

Selain beberapa hal di atas, logo brand atau perusahaan harus didesain sesuai tujuan dari brand atau perusahaan. Misalnya jika brand atau perusahaan menyasar pasar berupa anak-anak maka logo harus didesain untuk anak-anak, menggunakan jenis font yang lucu, warna yang cerah serta ornamen-ornamen yang menggambarkan hal-hal kesuakaan anak-anak. Harus juga dipastikan logo yang dibuat tidak melanggar kaidah-kaidah umum atau menggambarkna nilai-nilai yang tidak  sesuai dengan nilai-nilai masyarakat.

***

GN/EBE

Komentar (1)

  • Rumiyati

    22 November 2022 | 20:16:38 WIB

    Sesuaikan dgn karakteristik usaha yg kita milik

    1 tahun lalu

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1503 seconds