Memahami Customer Retention Dan Keuntungannya Untuk Sebuah Bisnis

Minggu, 20 November 2022 | 08:00 WIB

Ilustrasi Foto Customer Retention dan Keuntungannya (Pexels/Rodnae Productions)

LINK UMKM -  Pelanggan yang sudah melakukan transaksi di toko Anda merupakan aset untuk keberlangsungan bisnis. Hal itu dikarenakan pelanggan merupakan kunci dari pendapatan sebuah bisnis atau usaha. Interaksi pertama memang sangat penting untuk memberikan kesan baik dari perusahaan pada pelanggan, namun hubungan baik itu akan dilanjutkan dengan customer retention.

Dalam sebuah bisnis terdapat dua strategi untuk meningkatkan pendapatan yaitu mencari pelanggan baru dan memanfaatkan pelanggan yang sudah ada yang biasa disebut dengan customer retention. Banyak perusahan yang menghabiskan waktu dan biaya untuk mendapatkan customer baru karena hal tersebut dianggap sebagai cara mudah untuk meningkatkan revenue.

Padahal mempertahankan customer lama itu membutuhkan waktu yang lebih cepat serta efektif, lebih mudah menjual kepada customer yang sudah mengenal brand Anda daripada menghabiskan waktu untuk marketing sambil mencari customer baru. Berikut merupakan strategi untuk meningkatkan customer retention.

1. Respon Cepat Terhadap Kendala Konsumen

Idealnya balasan yang lebih cepat akan berjalan seiring dengan resolusi yang lebih cepat pula. Bahkan jika Anda tidak dapat menyelesaikan tiket resolusi dengan segera namun tetap membalas itu tetap dihitung sebagai respon yang cepat.

2. Gunakan Konteks untuk Menyampaikan Interaksi Konsumen

Konsumen akan merasa frustasi ketika mereka harus menjelaskan suatu masalah berulang-ulang kepada tim customer support. Interaksi yang melelahkan dan berulang membuat konsumen lebih mungkin pergi saat sedang melaporkan kendala mereka. Maka dari itu Anda perlu memberikan agen customer support sebuah alat yang bisa dengan mudah menarik informasi konsumen dan meningkatkan kualitas percakapan.

3. Sederhanakan Workflow Customer Support

Hal ini membuat proses customer support lebih mudah bagi agen dan lebih cepat bagi pelanggan. Saat Anda sudah menyederhanakan workflow dan mempercepat resolusi tiket customer support agen Anda akan menjadi lebih leluasa dalam menanggapi keluhan konsumen.

4. Konsisten Mengumpulkan Saran Konsumen

Saran dari konsumen adalah salah satu alat paling berharga untuk meningkatkan customer retention dan mengurangi churn rate. Jika ingin mengetahui apa yang baik dan baik untuk konsumen Anda, mendengarkan langsung saran dari mereka adalah cara yang tepat.

***

GN/FF

Komentar (1)

  • Rumiyati

    22 November 2022 | 20:32:57 WIB

    Masih terus belajar

    1 tahun lalu

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1642 seconds