Potensi 5 Peluang Bisnis Percetakan Rumahan

Sabtu, 19 November 2022 | 08:00 WIB

Ilustrasi Foto Percetakan. (freepik)

LINK UMKM -  Bisnis bidang percetakan merupakan salah satu peluang bisnis yang tampak tidak semenarik bisnis kuliner maupun fashion. Salah satunya karena banyak orang beranggapan bahwa peluang bisnis percetakan membutuhkan modal yang besar.

Padahal peluang bisnis percetakan bisa dijalankan sesuai dengan kesiapan modal yang dimiliki, bahkan bisa dijalankan dalam skala rumahan. Secara umum ada 3 jenis percetakan, percetakan offset, digital printing, dan sablon. Percetakan offset biasanya dipakai untuk mencetak di atas kertas dalam jumlah besar.

Digital printing dapat langsung mencetak di atas media yang diinginkan dengan printer. Sementara percetakan sablon, biasanya banyak digunakan untuk spanduk dan mug. Untuk peluang bisnis rumahan, digital printing dan sablon bisa menjadi kategori yang tepat jika Anda memiliki modal yang terbatas.

Anda dapat memilih dan fokus pada salah satu dari ketiga jenis peluang bisnis percetakan di atas untuk mendapatkan untung maksimal. Berikut ini adalah 5 peluang bisnis percetakan rumahan seperti yang dilansir dari lalamove.com untuk inspirasi bisnis Anda.

  • Percetakan Undangan

Undangan fisik dianggap lebih personal dan terkesan sopan, sehingga tetap memiliki minat yang tinggi di pasaran. Di Indonesia sendiri banyak sekali acara seremonial yang memerlukan undangan, mulai dari pernikahan, pertunangan, bahkan hingga pengajian.

Untuk memulai bisnis percetakan undangan, Anda harus menyediakan beberapa peralatan seperti mesin laminasi, mesin lem, dan mesin finishing. Selain itu Anda perlu membuat katalog contoh undangan serta katalog bahan yang menarik untuk disajikan kepada calon konsumen.

  • Percetakan Kaos dan Mug

Kaos sablon dan souvenir mug masih memiliki banyak peminat. mulai dari mahasiswa, komunitas, hingga pengantin yang memerlukan souvenir untuk diberikan ke tamu undangan.

Kaos sablon dapat dibuat dengan beberapa cara, yakni sablon kaos manual, sablon sublimasi, polyflex, hingga sablon percetakan digital dengan menggunakan mesin DTG (Direct to Garment).

Anda dapat memilih teknik yang Anda inginkan dan Anda kuasai. Sementara untuk cetak mug relatif lebih murah karena kanya memerlukan komputer, printer, dan mesin press.

  • Percetakan Media Promosi

Media promosi berbentuk fisik tetap dibutuhkan sebagai pendukung keberhasilan penjualan produk ataupun jasa. Media promosi fisik dapat berupa banner, spanduk, baliho, poster, flyer, hingga pamflet.

Untuk mencari keuntungan dari peluang bisnis percetakan media promosi, Anda perlu memiliki komputer, printer, dan mesin digital printing. Untuk skala usaha rumahan, Anda dapat memulai dengan menggunakan mesin digital printing A3 yang berkisar Rp.30 juta-an.

  • Percetakan Cutting Stiker

Cutting stiker merupakan teknik pemotongan stiker sesuai desain yang diinginkan. penggunaan cutting stiker berupa label produk, stiker kemasan, souvenir, poster, wallpaper, neon box, dan baliho.

Cutting stiker memiliki kelebihan lebih praktis dan murah dibanding mencetakan langsung diatas kemasan. Permintaan pasar terhadap jasa cutting stiker ini semakin meningkat sehingga menjadikan bisnis ini sebagai peluang yang layak dicoba. Mesin cutting stiker berada pada kisaran harga Rp.4 Juta - Rp. 10 Juta tergantung pada fitur yang ditawarkan.

  • Percetakan 3D

Percetakan 3D awalnya hanya diperuntukkan untuk dunia kesehatan, namun kini telah merambah keberbagai industri seperti otomotif, fashion, hingga mainan anak.

Dengan tingginya permintaan terhadap percetakan 3D, membuat harga mesin produksi percetakan 3D menjadi lebih terjangkau. Anda bahkan bisa memiliki mesin 3D Printing dengan harga Rp.1 Jutaan.

***

GN/BS

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1419 seconds