Ikan Gabus Bernilai Jual Tinggi

Sabtu, 29 Oktober 2022 | 08:00 WIB

Ilustrasi Ikan Channa (Gemapos.id)

LINK UMKM -  Siapa disini yang tidak mengenal ikan gabus? jenis ikan air tawar ini sangat populer untuk diolah menjadi beragam jenis makanan yang lezat. Tapi tahukan kamu kalau ada kerabat ikan gabus yang memiliki warna serta corak yang indah dan memiliki harga jual yang fantastis. Kerabatnya itu adalah ikan Channa, dengan beragam corak yang indah dan cocok untuk dipelihara di akuarium.

 

Dilansir Kumparan ikan channa atau juga dikenal sebagai snakehead emperor, merupakan ikan gabus hias yang memiliki bentuk kepala menyerupai ular. Berbeda dengan ikan gabus yang umumnya dikonsumsi, ikan gabus hias ini memiliki corak tubuh yang unik sehingga banyak diminati oleh pecinta ikan hias.

 

Penyebaran ikan channa sejauh ini dikatakan memiliki 50-an spesies yang tersebar di Asia hingga Afrika. Genus tersebut memiliki persebaran alam yang luas yang membentang dari Irak di barat, hingga Indonesia dan Cina di timur, serta sebagian Siberia di Timur jauh. Kekayaan spesies yang sangat tinggi terdapat di Myanmar (Burma) dan India, banyak spesies channa yang tidak hidup di tempat lain.

 

Di Indonesia sendiri terdapat ikan channa yang memiliki corak tubuh yang indah, seperti Channa Marulioides, Channa Limbata, Channa Striata, Channa Micropeltes, Channa Bankanensis dan lainnya.

 

Potensi pasar yang besar dan luas terhadap ikan channa sebaiknya dimaksimalkan dengan ikut terjun dalam bisnis ikan channa. Sebagai contohnya kita dapat memulai bisnis dengan menjadi reseller dan peternak ikan channa. Corak serta ukuran yang dimiliki ikan tersebut menjadi penentu harga jual, semakin bagus dan besar ikan harga jual yang dipatok pun akan meningkat drastis.

***

GN/PTH

Komentar (1)

  • Zaenal Arief

    8 November 2022 | 14:41:32 WIB

    Jadi pengen budidaya ikan gabus.....

    1 tahun lalu

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1534 seconds